Find Us On Social Media :

Segudang Manfaat Terung, dari Bikin Kurus Sampai Atasi Asam Urat!

By Intisari Online, Selasa, 12 Februari 2019 | 18:00 WIB

 

Intisari-Online.com - Bila Anda pernah berkunjung ke warteg atau rumah makan padang, olahan makanan terung kerap terlihat.

Apakah Anda termasuk orang yang membeli terung atau tidak?

Kalau Anda termasuk orang yang membeli terung tersenyumlah, karena sayuran yang memiliki banyak bentuk ini bisa membuat kurus dan atasi asam urat.

Melansir dari Dr. Axe, terung adalah sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, fitonutrien khusus termasuk senyawa fenolik, flavonoid seperti nasunin, dan banyak vitamin dan mineral juga.

Baca Juga : Lima Manfaat Terung Bagi Kesehatan Kulit

Karena punya beragam nutrisi, terung hanya memiliki 35 kalori per gelas, justru tinggi akan serat dan air.

Terung memiliki kandungan antioksidan yang jarang ditemukan, disebut nasunin.

Nasunin adalah jenis antioksidan antosianin yang ditemukan di semua jenis varietas terong selain buah-buahan dan sayuran berwarna.

Oleh karena itu terung memiliki manfaat kesehatan yang terduga karena kandungan nasunin ini.

Baca Juga : Kepopuleran Terong dalam Mengatur Gula Darah hingga Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Antioksidan bekerja untuk menangkal radikan bebas berlaku juga pada nasunin sehingga ia dapat mencegah pertumbuhan penyakit dan meningkatkan mekanisme tubuh.

Kebanyakan nasunin ditemukan pada terung berwarna ungu.

Maka mengonsumsi terung ungu sekaligus dengan kulitnya bermanfaat untuk kesehatan.

Nasunin juga melawan inflamasi atau peradangan dan stres oksidatif karena ia mengumpulkan oksigen dan zat besi.

Zat besi yang ada pada nasunin mengikat molekul dengan zat logam beracun seperti merkuri, arsenik, dan timbal yang kemudian dibawa keluar dari tubuh sehingga menghasilkan detoksifikasi.

Selain itu, dapat melindung DNA dan membran sel dari stres oksidatif.

Untuk nutrisi yang ada pada terung sangat banyak diantaranya 35 kalori, 5 g serat, 3 g gula, 1 g protein, 0 g lemak, 8 g karbo, 6 persen dari kebutuhan sehari mangan, 4 persen dari kebutuhan sehari vitamin K, 4 persen kebutuhan sehari vitamin B1, 4 persen kebutuhan sehari vitamin B6, 3 persen kebutuhan sehari folat, 3 persen kebutuhan sehari magnesium, 3 persen kebutuhan sehari kalium, dan 3 persen kebutuhan sehari tembaga.

Baca Juga : Terung Penyebab Lemah Syahwat?

Manfaat pada kesehatan

1. Melawan kanker

Terung memiliki 13 jenis asam fenolik pelindung tubuh.

Setiap terung memiliki kadar antioksidan dan fitonutrien, tetapi memiliki kualitas yang sama yaitu melawan kanker.

Seperti yang sudah disebutkan di atas nasunin dalam terung dapat melawan berbagai penyakit, termasuk fitonutrien yaitu asam klorogenat.

Asam klorogenat yang ada di kulit terung berfungsi menghentikan radikal bebas yang kita tahu sebagai penyebab kanker pada sel dan berimbas pada kanker atau tumor.

Selain anti-mutagen dan anti-tumor, asam klorogenat dipercaya memiliki antimikroba, anti-LDL (kolesterol jahat), dan anti-viral yaitu melawan inflamasi dan pertumbuhan penyakit.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian pernah mengatakan bahwa terung baik untuk kesehatan jantung.

Dikarenakan dapat melawan inflamasi dan stres oksidatif, sehingga menghasilkan arteri yang sehat dan kadar kolesterol yang seimbang.

Terung baik untuk menjaga kadar kolesterol karena fitonutrien yang melancarkan sirkulasi dan mengurangi pertumbuhan plak di arteri utama termasuk di aorta.

Penelitian telah menunjukkan bahwa terung yang mengandung senyawa kardio-protektif dapat meningkatkan fungsi ventrikel kiri (salah satu ruang pemompa darah utama jantung) dan untuk mengurangi apoptosis.

Baca Juga : Resep Sehat: Jus Meriah Terung Belanda