Find Us On Social Media :

Ternyata Kecanduan Main Media Sosial Mirip Efek Kecanduan Narkoba

By Mentari DP, Senin, 21 Januari 2019 | 07:00 WIB

Intisari-Online.com – Di zaman sekarang ini, ponsel merupakan benda yang tak terpisahkan dari kita.

Ada saja alasan mengapa kita tidak mau meninggalkan ponsel walau hanya ke kamar mandi. Seperti sedang bermain game atau sedang bersosial media.

Memang salah satu keuntungan ponsel adalah kita bisa menggunakan sosial media dan terhubung dengan jutaan orang di luar sana.

Tak heran media sosial menjadi salah satu hal yang paling digemari hingga hari ini.

Baca Juga : Geger Wanita Hamil 9 Bulan Tiba-tiba Janinnya Hilang: Ada Penjelasan Medis dan Beberapa Tanda Kehamilan Palsu

Salah satu media sosial yang popular dan banyak digunakan adalah Instagram. Di sini, kita bisa mengunggah foto, video, dan story terkait kehidupan kita sehari-hari.

Namun tahukah Anda bahwa ada efek negatif jika kita terus bermain media sosial di ponsel?

Ini salah satu efek buruknya.

Dilansir dari nationalgeographic.grid.id pada Minggu (20/1/2019), para ilmuwan perilaku di Michigan State University meyakini bahwa pengambilan keputusan berisiko yang dilakukan pengguna internet, mirip dengan para pecandu narkoba dan penjudi.

Penelitian mereka yang dipublikasikan pada Journal of Behavioral Addictions adalah yang pertama kali menyelidiki hubungan antara penggunaan media sosial dengan kapasitas pengambilan keputusan–kualitas yang selama ini kerap diukur pada pecandu.

"Sekitar sepertiga manusia di planet ini menggunakan media sosial,” kata Dar Meshi, pemimpin studi sekaligus asisten profesor di Michigan State University.

"Namun, beberapa dari mereka menunjukkan penggunaan yang maladaptif dan berlebihan."

Baca Juga : Ketika Militer Amerika Saling Tembak dengan Pasukannya Sendiri Hanya karena Disangka Bermusuhan dengan Hantu