Find Us On Social Media :

Kolesterol Anda Tinggi? Tambahkan 10 Makanan Terbaik Ini untuk Menurunkannya Tanpa Obat

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 30 Desember 2018 | 15:30 WIB

Intisari-Online.com – Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi? Anda tidak sendirian.

Masalah ini mempengaruhi sekitar 95 juta orang Amerika, demikian menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Sementara di Indonesia, data Kemenkes tahun 2009 – 2011 terjadi peningkatan angka pengidap serangan jantung pada orang dengan usia di bawah 50 tahun, yaitu hampir sekitar 60 persen.

Kolesterol tinggi dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang serius, dari penyakit jantung hingga diabetes.

Baca Juga : Ramuan Ketumbar untuk Atasi Kolesterol sampai Diabetes, Cara Membuatnya Mudah!

Kolesterol adalah zat berlemak yang ditemukan dalam sel-sel. Hati kita membuatnya secara alami, tetapi juga ditemukan dalam makanan hewani seperti daging dan produk susu.

Tubuh kita membutuhkan beberapa kolesterol untuk berfungsi, tetapi bila kita memperolehnya lebih dari yang kita butuhkan, dapat terjadi karena terlalu banyak makan makanan yang kaya kolesterol, maka menyebabkan terbentuknya plak di arteri yang dapat menyebabkan penyumbatan aliran darah.

“Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama untuk serangan jantung, stroke, dan sirkulasi darah yang buruk,” kata Omar Ali, MD, intervensi ahli jantung di Rumah Sakit Universitas Detroit Medical Center Harper, seperti dilansir dari Prevention.

Idealnya, inilah angka kolesterol sehat, menurut National Institutes of Health:

Baca Juga : 10 Tanda Tubuh Mengalami Kolesterol Tinggi dan Makanan yang Bisa Menurunkannya

Wanita dewasa (usia 20+)     Total kolesterol: 125 hingga 200 mg / dL     Kolesterol LDL: Kurang dari 100 mg / dL     Kolesterol HDL: 50 mg / dL atau lebih tinggi Pria dewasa (usia 20+)     Total kolesterol: 125 hingga 200 mg / dL     Kolesterol LDL: Kurang dari 100 mg / dL     Kolesterol HDL: 40 mg / dL atau lebih tinggi

Baca Juga : Kolesterol Bukan Hanya Sekadar Angka, Apa yang Bisa Dilakukan untuk Menguranginya?

Obat-obatan seperti statin dapat membantu kita mencapai angka ideal, meskipun sebagian besar ahli menyarankan untuk mencoba mengubah gaya hidup sehat terlebih dahulu.