Find Us On Social Media :

Korut-Korsel akan Bangun Jalur Kereta Api Penghubung Kedua Negara, Tapi Izinnya Pembangunannya akan Sangat Rumit

By Mentari DP, Kamis, 27 Desember 2018 | 13:30 WIB

 

Intisari-Online.com – Hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan sepertinya semakin baik.

Bagaimana tidak, kedua negara bersaudara yang telah lama tidak akur ini secara simbolis membangun jalur kereta api bersama.

Nantinya jalur kereta api tersebut bisa digunakan bersama dan dapat menghubungkan kembali jaringan transportasi antara kedua negara.

Hanya saja ada beberapa catatan dalam proyek ini.

Baca Juga : Kisah Tragis Pemenang Lotre Rp223 Milliar: Usir Istri dan Anak, Habiskan Uang Secara Gila, Lalu Bangkrut dan Jadi Tukang Sampah

Pertama, kontruksi untuk proyek belum bisa dimulai karena Korea Utara masih menerima sanksi internasional yang melarang impor logam dan produk energi.

Sebagai gantinya, para insinyur dari Korea Utara dan Korea Selatan - yang secara teknis masih berperang - akan menghabiskan dua tahun ke depan melakukan survei bersama dan melakukan pekerjaan desain.

Walau begitu, upacara peletakan batu pertama diadakan di Stasiun Panmun di kota perbatasan Kaesong seperti dilansir dari dailymail.co.uk pada hari Rabu (26/12/2018)

Dalam upacara tersebut, hadir 100 pejabat pemerintah Korea Selatan, menteri, dan anggota keluarga yang terlantar akibat Perang Korea.

Mereka disambut oleh delegasi Korea Utara berjumlah 100 orang, serta para pejabat dari PBB, China, Rusia, dan Mongolia.

Dalam kesempatan tersebut, kedua negara menyampaikan bahwa mereka sangat bahagia dengan informasi ini.

Baca Juga : Pagi Ini, Status Gunung Anak Krakatau Naik Jadi Siaga, Radius Berbahaya Meluas Jadi 5 Km