Find Us On Social Media :

Pilot TNI AU Pernah Diserang Preman, Jet Tempur F-16 pun Dikerahkan untuk Memberi Pelajaran

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 6 Maret 2018 | 06:00 WIB

Intisari-Online.com - Di era Orde Baru di bawah pimpinan Presiden Soeharto keberadaan personel ABRI (TNI) memang lebih “menakutkan” dibandingkan di era sekarang.

Misalnya saja jika ada tawuran pelajar, kerusuhan yang disebabkan oleh bentrokan para suporter sepakbola, kerumunan judi adu sabung ayam, dan lainnya akan segera bubar hanya karena kehadiran seorang anggota ABRI berpakaian seragam serta tanpa senjata.

Pada era Orde Baru seorang anggota ABRI memang bisa menangkap orang yang dianggap sebagai perusuh dan dianggap “mengancam keamanan negara” tanpa dibawa ke kantor polisi untuk kemudian “dipermak”.

Maka jika seseorang atau sekelompok orang sampai berani menyerang anggota ABRI di era Orde Baru, sama saja sedang “mencari penyakit”.

(Baca juga: Bedanya Jet Tempur Rusia dan AS Milik TNI AU: Sukhoi Sekali Pakai Seperti Pusaka, F-16 Bisa Berkali-Kali Bagai Pedang)

Suatu kali di kota Medan yang terkenal dengan para premannya yang sangar-sangar, ada seorang pilot tempur TNI AU yang sedang menikmati hari liburnya ternyata menjadi korban pengeroyokan para preman.

Kasus pengeroyokan seorang tentara, apalagi pilot tempur AU itu langsung menjadi berita besar di era Orde Baru.

Para prajurit TNI AU pun bertindak untuk “memberi pelajaran”.

Tapi caranya ternyata tidak brutal dan cukup sistematis. Bersama aparat kepolisian, polisi militer TNI AU didukung sejumlah  prajurit melakukan penangkapan para preman di kota medan untuk kemudian dibina.

Mereka diberikan pemahaman kebangsaan dan nasionalisme, digojlok dengan latihan-latihan keras ala militer sehingga pada “bertobat”.

“Pembinaan” atas para preman demi memberi pelajaran agar  tidak bisa dilupakan seumur hidup itu pun ada yang diberikan secara khusus.

Suatu hari mereka dikumpulkan di pangkalan udara TNI AU di Medan dalam posisi berdiri dan berbaris ala militer.

(Baca juga: Cantik tapi Berbahaya! Selain Ramah dan Rupawan, Pramugari Pesawat Kepresiden TNI AU Jago Bertarung dan Bertempur)