Find Us On Social Media :

Stosstruppen, Pasukan Gerak Cepat Nazi yang Menjadi Cikal Bakal Waffen SS dan Pasukan Gerak Cepat Dunia

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 25 Februari 2018 | 10:00 WIB

Intisari-Online.com - Jerman di era sebelum dan sesudah kejayaan Nazi memang biangnya asal-usul pasukan-pasukan elite kelas dunia.

Salah satunya adalah pasukan gerak cepat atau reaksi cepat bernama Stosstruppen (ST).

Pasukan ST dibentuk Jerman pada pertengahan 1916 untuk memecah kebuntuan perang parit.

Ini adalah sebuah pertempuran di front Prancis di mana pasukan Jerman yang bertempur melawan Sekutu sama-sama bertahan di parit dan tidak ada pasukan yang berinisiatif menyerbu.

Ketika Jerman membentuk pasukan ST, pasukan gerak cepat ini merupakan   batalion pembuka jalan bagi pasukan induk divisi infanteri yang kemudian menyusul menyerbu.

(Baca juga: Inilah Skill Istimewa Paskhas yang Tak Dimiliki Pasukan Elite Lain, Tentara Australia Sampai Segan)

Selain sebagai pasukan pembuka jalan, ST juga berfungsi sebagai pasukan  perusak konsentrasi musuh dan pemutus suplai logistik di garis belakang.

Dalam pertempuran pasukan ST memiliki doktrin perang khusus ketika sedang bertempur di parit (trench warfare) dan pertempuran jarak dekat (close combat).

Intinya pasukan ST harus tetap harus maju meski pertahanan musuh diperkuat  dengan senapan mesin, baik berat maupun ringan.

Sebagai pasukan infanteri elite dan mengutamakan kecepatan serta serbuan dadakan, pasukan ST kadang menggunakan kendaraan tempur khusus untuk maju ke posisi musuh.

Dalam pertempuran doktrin tempur yangh diterapkan oleh ST memang mengutamakan pada jumlah regu pasukan yang terbatas (light), kecepatan serbuah (speed ) dan serangan dadakan (surprise).

Selain itu ST dilatih dan dibentuk untuk memiliki kemampuan improvisasi di medan tempur menggunakan semua senjata yang dimiliki atau senjata rampasan dari musuh.

(Baca juga: Heboh! Beredar Makanan Ringan yang di Dalamnya Ada Hadiah Uang Tunai Hingga Rp 50 Ribu!)