Find Us On Social Media :

Jangan Remehkan 10 Permainan Sederhana Ini karena Bisa Mencerdaskan Otak Bayi Anda

By Moh Habib Asyhad, Senin, 29 Januari 2018 | 17:15 WIB

Intisari-Online.com - Banyak cara bisa dilakukan untuk mengasah kecerdasan bayi. Selain dengan nutrisi yang cukup, kita juga bisa melakukannya dengan permainan-permainan sederhana.

Dilansir dari Nakita.id, setidaknya ada 10 permainan sederhana yang diklaim baik untuk kecerdasan bayi kita.

1. CILUKBA

Usia: 1 – 12 bulan.

Peralatan: Sebenarnya tak memerlukan peralatan khusus, tetapi bila ada saputangan atau baju bisa dimanfaatkan sebagai media penghalang.

Cara Bermain: Kita tinggal membuka dan menutup wajah dengan tangan atau hilang-muncul di balik dinding/kursi/tempat tidur.

Manfaat: Bayi belajar tentang konsep hilang dan ada. Meski ia tidak melihat orangtuanya, bayi tahu kita sedang bersembunyi dan segera muncul kembali. Bayi juga bisa belajar mengenal bentuk-bentuk emosi lewat ekspresi wajah seperti gembira, tertawa, tersenyum, terkejut, dan lainnya.

(Baca juga: Ibu, Lakukan Ini Bila Ingin Anak Laki-laki Anda Tumbuh Jadi Orang yang Bertanggung Jawab)

2. KUDA-KUDAAN

Usia: bayi yang sudah bisa didudukkan atau duduk sendiri.

Peralatan: Tak ada peralatan khusus hanya kesediaan kita bermain dan diduduki si bayi.

Cara Bermain: Ubah diri kita seolah-olah menjadi kuda-kudaan, ambil posisi merangkak, lalu letakkan bayi di atas punggung. Jika ia belum bisa duduk sendiri minta bantuan orang lain untuk memeganginya.

Manfaat: menjalin keeratan orangtua dan bayi, melatih bayi bekerja sama, peke terhadap sesuatu, serta meningkatkan kemampuan berinteraksi.