Find Us On Social Media :

Jutaan Makhluk Laut Mungkin Saja Akan Mati, Penyebabnya? Siapa Lagi Kalau Bukan Manusia

By Mentari DP, Rabu, 10 Januari 2018 | 16:15 WIB

Intisari-Online.com – Di laut, terdapat wilayah yang disebut zona mati.

Zona mati merupakan wilayah laut di mana oksigen hampir habis atau habis seluruhnya, dan membuat sebagian besar makhluk laut tidak dapat bertahan hidup di sana.

Nah, dilaporkan wilayah zona mati akan menjadi lebih banyak.

Ada beberapa penyebab mengapa zona mati menjadi lebih banyak. Salah satunya karena perubahan iklim.

(Baca juga: Sedih, Burung-burung Ini Mati Dengan Perut Penuh Sampah, dan Itu Semua Karena Ulah Kita)

(Baca juga: Bukan Hanya Sampah Plastik, Tingkat Sampah Elektronik Juga Tinggi, Terutama di Asia)

Bahkan tidak hanya di wilayah laut saja. Meningkatnya suhu global dan masuknya polusi juga melemahkan kadar oksigen di laut terbuka dan di daerah pesisir, mengancam kehidupan laut di seluruh dunia.

Sebuah studi yang dipublikasikan secara online pada Kamis (4/1/2018) di jurnal Science, menyajikan evaluasi menyeluruh tentang penyusutan oksigen laut dan penyebabnya.

Hasilnya sedikit oksigen di laut tidak hanya menimbulkan masalah bagi tanaman dan hewan laut, tapi juga bisa membawa dampak serius bagi kehidupan di darat juga.

Diketahui zona mati yang kekurangan oksigen pertama kali diidentifikasi di muara, badan air di mana sungai mengalir ke laut , pada pertengahan abad ke-19.

“Dan penyebab penipisan oksigen mereka terkait dengan keberadaan limbah perkotaan di laut,” kata penulis studi Denise Breitburg, ahli ekologi laut dengan Smithsonian Environmental Research Center, kepada Live Science.

Sejak saat itu, pertumbuhan aktivitas industri telah mengganggu keseimbangan kimia laut.

Sementara itu, meningkatnya suhu global juga menghambat kelarutan oksigen dalam air dan membatasi distribusinya ke laut yang dalam.