Find Us On Social Media :

Tupolev PAK-DA Pengebom Nuklir Siluman Rusia, Malaikat Maut yang Bikin Gentar Negara Barat

By Yoyok Prima Maulana, Senin, 1 Januari 2018 | 19:15 WIB

Intisari-online.com - Hingga akhir tahun 2017 program upgrade pesawat pengebom nuklir  Tu-160 M2 yang dilaksanakan Rusia telah  mencapai jumlah sebanyak 16 pesawat.

Jumlah itu  sebenarnya sudah cukup menggentarkan para rivalnya khususnya AS. 

Tapi upgrade terhadap lusinan pesawat pengebomnya itu ternyata memang belum dirasa cukup karena Rusia juga mengembangkan pesawat pembom siluman yang lebih mutakhir, yakni PAK-DA. 

Kendati program pembuatan PAK-DA masih dalam proses karena Rusia lebih mementingkan program upgrade Tu-160, keinginan Rusia untuk menjadi negara adikuasa seperti AS masih menggebu-gebu. 

BACA JUGA: 

BACA JUGA: G

Segala daya upaya terus ditempuh agar program pembuatan PAK-DA bisa terwujud.

Jika PAK-DA bisa terwujud, Rusia akan memiliki pesawat pengebom siluman strategis yang sebenarnya masih merupakan varian dari Tu-160 M2. 

Tapi dari sisi kecepatan terbang produksi PAK-DA yang juga dilaksanakan oleh Tupolev ini  melebihi kecepatan terbang Tu-160,  karena memiliki kecepatan subsonik. 

Dengan teknologi siluman yang dimiliki dan kecepatan subsonik, PAK-DA diklaim akan menjadi  pesawat pengebom yang lebih tangguh dibandingkan pesawat pengebom jarak jauh milik Amerika Serikat, B-2 Spirit.

Untuk masa depan PAK-DA  bahkan merupakan lawan tanding yang sepadan  bagi pesawat pengebom masa depan AS B-21 Raider. 

BACA JUGA: 

BACA JUGA: