Find Us On Social Media :

Belalang Goreng Panganan Enak dan Bergizi Tinggi, Khas Gunung Kidul!

By Masrurroh Ummu Kulsum, Senin, 1 Januari 2018 | 16:30 WIB

Intisari-online.com - Anda lapar? menjadikan belalang goreng sebagai lauk untuk makan dapat menjadi alternatif.

Bagi kebanyakan masyarakat, belalang dianggap sebagai hewan liar dan hama tanaman, namun di beberapa daerah seperti Gunung Kidul, Yogyakarta ini menjadi panganan khasnya.

Pangan alternatif seperti belalang telah terbukti mampu mencegah penduduk dari kerawanan pangan dan gizi

Secara ilmiah kandungan gizi dalam belalang goreng memang tak bisa dianggap enteng. 

BACA JUGA: 

Belalang goreng ternyata tidak kalah bergizi dibandingkan sumber protein lainya seperti daging sapi.

Seperti diungkapkan pakar ilmu gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Ahmad Sulaiman, belalang merupakan hewan yang memiliki beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti, protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral.

Belalang, lanjut Ahmad, saat ini masih dijadikan sumber pangan alternatif, terutama pada masyarakat di sejumlah daerah yang mengalami kesulitan sumber makanan. 

Bahkan di beberapa negara, belalang sebenarnya sudah dijadikan makanan pokok.

BACA JUGA: 

"Sudah banyak penelitian ilimiah yang membuktikan manfaat belalang. Di negara lain bahkan ada yang menjadikannya sebagai makanan pokok. Di Indonesia pun, di zaman kita susah belalang pernah menjadi makanan utama. Tetapi kini sudah banyak ditinggalkan karena ada beragan sumber protein lainnya,"  papar pakar dari Department of Community Nutrition, Facultas Ekologi dan Manusia IPB itu.

Selain kadar proteinnya tinggi, dalam belalang terkandung beragam jenis mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan dan tembaga. 

Sedangkan kandungan vitaminnya beragam mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat hingga berbagai jenis asam lemak.