Find Us On Social Media :

Hati-hati! Hacker Dapat Menyusup ke Rumah Kita Lewat Speaker Nirkabel

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 28 Desember 2017 | 12:15 WIB

Speaker nirkabel memiliki kemungkinan diretas

Intisari-Online.com- Mungkin bagi Anda pengguna speaker nirkabel pernah mendengar suara-suara aneh keluar dari speaker? Atau lagu terputar secara acak?

Jika demikian, itu bukan hanya perasaan Anda. 

Kemungkinan speaker yang terhubung dengan internet Anda sedang diretas.

Peneliti di Trend Micro telah menemukan bahwa beberapa model speaker Sonos dan Bose (Sonos Play: 1 dan sistem Bose SoundTouch) dapat diretas dengan mudah oleh hacker.

"Siapa pun bisa menyusup masuk dan mulai mengendalikan suara speaker Anda," ungkap Mark Nunnikhoven, Direktur Riset Trend Micro seperti dilansir Wired.com.

Baca Juga: 

Baca Juga: 

Alat pemindaian seperti NMap dan Shodan dapat menemukan sekitar 2.000 sampai 5.000 perangkat Sonos dan 400 hingga 500 perangkat Bose terbuka di internet.

Hal ini berdampak pada terbukanya jaringan yang terhubung dengan aplikasi seperti Spotify atau Pandora.

Para peneliti mencatat bahwa serangan audio dapat mengucapkan perintah ke Amazon Echo (speaker hands free yang dikendalikan oleh suara) atau Google Home (aplikasi pengontrol rumah/ kantor) terdekat.

Nunnikhoven juga mengingatkan bahwa perangkat Google Home mengendalikan fitur rumah mulai dari lampu penerangan hingga kunci-kunci pintu punya potensi besar diretas hackers.

 "Sekarang saya dapat mengakses perangkat cerdas di rumah Anda dan mulai menjalankan skenario licik," katanya sambil bercanda.