Find Us On Social Media :

Bondan Winarno: Membungkus 'Nusantara' Lewat Bingkai 'Mak Nyus'

By Ade Sulaeman, Rabu, 29 November 2017 | 11:30 WIB

Intisari-Online.com - Sebuah petuah lama bilang: ilmu adalah buruan dan tulisan adalah talinya (untuk mengikat).

Bondan Winarno tampaknya sangat memahami dengan menerbitkan buku terbarunya tentang kuliner100 Makanan Tradisional Indonesia Mak Nyus. Buku ini berisi 100 kuliner khas yang tersebar di berbagai pelosok Nusantara. 

“Jika ditanya proses mengumpulkan data dari kapan, maka jawabnya sudah dari puluhan tahun yang lalu, tapi benar-benar niat membukukannya setelah maraknya wacana klaim-klaiman dari Malaysia,” ujar Bondan terkait proses bukunya.

Bondan mulai gelisah ketika banyak orang yang kebakaran jenggot saat Malaysia mengumumkan beberapa makanan sebagai warisan budayanya sementara itu dianggap sebagai warisan Indonesia.

(Baca juga: Kabar Duka, Bondan Winarno ‘Maknyus’ Tutup Usia)

Tapi hanya di lisan saja, protes itu tidak pernah termanifestasi dalam bentuk apapun.

Dan Bondan, sebagai seorang foodie alias penyuka kuliner, merasa terpanggil untuk membut semacam direktori kuliner-kuliner khas Indonesia; dari Sabang sampai Merauke.

Dalam bukunya tersebut, tidak semua kuliner yang dicatatnya masuk dalam tulisan.

Dari ribuan kuliner dipilihlah mana yang paling khas dan benar-benar mewakili daerah tersebut.

Bagi Bondan tidak mudah membuat buku kuliner. Suatu kali, saat masih menjadi wartawan, Bondan mendapatkan tugas untuk menulis perihal travelling.

“Tapi waktu itu, sudah terlalu banyak tulisan jalan-jalan, akhirnya saya mengambil sisi lain yang masih berhubungan erat dengan jalan-jalan, ya itu, kuliner,” cerita Bondan panjang lebar.

Masih terkait tulisan kuliner, suatu ketika Bondan mendapat protes dari wartawannya.