Find Us On Social Media :

Keberhasilan Bebaskan ‘Sandera’ dari KKB di Papua Tak Lepas dari ‘Perang Mulut’ saat Latihan

By Ade Sulaeman, Sabtu, 18 November 2017 | 14:30 WIB

Latihan serbuan pembebasan sandera

Intisari-Online.com - Satu helikopter TNI AD jenis Bell-412 melintas di udara lalu berputar-putar di atas lapangan sepak bola yang berada di tengah-tengah markas Divisi Infanteri I, Cilodong, Jawa Barat.

Heli yang diterbangkan oleh dua pilot dari Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) yang berpangkalan di Lapangan Udara, Pondok Cabe, Tangerang Selatan itu tampak melakukan hovering seperti mau mendarat.

Tapi ternyata tidak. Tampak tali terlempar dari pintu heli disusul meluncurnya sejumlah pasukan elit Tontaipur bersenjata dan gear tempur lengkap.

Semua menenteng senapan serbu dan pistol serta pisau komando sekaligus pisau lempar di pinggangnya.

(Baca juga: Joachim Peiper, Pembantai Pasukan Sekutu yang Setelah Diadili Justru Lolos dari Hukuman Mati)

Sejumlah magasin peluru tampak memenuhi kantong rompi pertanda bahwa mereka akan melakukan misi tempur jangka panjang.

Pasukan Tontaipur yang turun dari heli itu kemudian berkumpul dalam formasi siaga dan dengan cepat bergerak lalu menyelinap masuk ke hutan yang berada di lingkungan markas Divisi Infanteri I yang biasa digunakan untuk latihan tempur hutan (jungle warfare).

Di hutan yang masih merupakan rawa-rawa para pasukan Tontaipur yang berjalan tanpa suara, berseragam hitam-hitam, memakai helem tempur khusus dilengkapi kaca mata gogle, semua wajah di cat, dan mereka berjalan secara mengendap dengan senapan serbu pada posisi menyapu sasaran sekitar serta siap bidik.

Karena merupakan pasukan elit yang sedang dalam misi melaksanakan operasi pembebasan sandera, semua personel Tontaipur tanpa menggunakan nama dan pangkat.

Dalam proses pengendapan di tengah hutan belantara menuju sasaran itu pasukan Tontaipur sempat terlibat pertempuran dengan pasukan yang menghadang .

Tapi adegan tembak-menembak belum menggunakan peluru tajam dan hanya disimulasikan menggunakan suara mulut berbunyi ‘’tam!..tam!...tam!...’’