Find Us On Social Media :

Sering Dianggap Sepele Pisang Ternyata Menyimpan Banyak khasiat, Salah satunya Mengurangi PMS

By Yoyok Prima Maulana, Senin, 13 November 2017 | 08:00 WIB

Intisari-online.com - Ada banyak jenis pisang dengan bentuk dan warna berbeda-beda, meskipun hampir semua berwarna kuning ketika sudah matang.

Buah dengan nama latin Musa paradisiaca dari keluarga Musaceae ini dikelompokkan menjadi dua golongan, berdasarkan cara konsumsinya.

Pertama, pisang yang dikonsumsi dalam bentuk segar (dalam bahasa Inggrisnya disebut banana). Termasuk jenis ini pisang ambon, pisang susu, dan pisang raja.

Kedua, pisang yang dikonsumsi setelah diolah (dalam bahasa Inggris disebut plantain). Misalnya pisang kepok, siam, kapas, tanduk, dan uli.

Berikut fakta menarik tentang pisang.

BACA JUGA: 

1. KANDUNGAN DAN MANFAAT

Kadar antioksidan pada pisang termasuk tinggi, khususnya betakaroten (vitamin A). Kandungan energi pada pisang instan sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat.

Karbohidrat pada pisang adalah karbohidrat kompleks. Pisang juga mengandung vitamin B kompleks, C, dan E, asam folat, yodium, zat besi, magnesium, kalium, seng, dan tryptophan.

2. MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

3. MENGATASI SINDROMA PRAMENSTRUASI (PMS).

Tryptophan (asam amino dengan efek penenang alami) yang terkandung pada pisang dapat memperbaiki suasana hati secara alami dan mengurangi sindroma pramenstruasi.