Find Us On Social Media :

Sangat Mencintai Kriket, Perempuan 85 Tahun Asal Inggris Ini adalah Komentator Sumo Paling Terkenal di Jepang

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 11 November 2017 | 18:00 WIB

Komentator sumo paling terkenal di Jepang

Intisari-Online.com - Doreen Simmons sangat dikultuskan di Jepang. Perempuan 85 tahun asal Inggris ini dipandang sebagai komentator sumo paling terkenal di Jepang.

Simmons, yang kini tinggal di jantung sumo di Ryogoku, Jepang, telah jatuh cinta dan menjadi komentator olahraga ini selama 25 tahun.

Saking terkenalnya, Jepang mengganjarnya dengan Orders of ther Rising Sun.

(Baca juga: Nekat, Sedan Mewah Mau Adu Sumo dengan Bus Transjakarta)

(Baca juga: John F. Kennedy, Pahlawan Perang yang Nyaris Tewas di Lautan Setelah Dihantam Kapal Perang Jepang)

Medali itu pertama kali dianugerahkan pada 1875 dan merupakan salah satu penghargaan prestisius tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Jepang.

Simmons belajar di Cambridge University dan tinggal di Nottingham sebelum memutuskan pindah ke Jepang lebih dari 40 tahun yang lalu.

Saat bekerja untuk Foreign Press Center ia jatuh cinta pada olahraga tradisional Jepang itu dan memutuskan menjadi komentator.

Simmons saat ini menjadi komentator berbahasa Inggris untuk NHK, yang di Jepang dianggap setara dengan BBC.

“Aku pindah ke Jepang 44 tahun yang lalu. Aku menyukai tantangan tinggal di negara Asia dan aku juga tertarik mengetahui lebih banyak tentang sumo dan aspek lain kehidupan dan budaya Jepang,” ujarnya, dilansir dari New York Post.

Simmons pertama datang ke Jepang pada 1973 dan menonton sumo untuk pertama kalinya setahun kemudian. Mula-mula ia hanya menikmati sumo di Tokyo, tapi seiring waktu, ia juga pergi ke Nagoya dan Osaka.