Find Us On Social Media :

Pesta Pernikahan Kahiyang Dijamin Aman Asal Paspampres Sudah Berhasil Lakukan Ini

By Ade Sulaeman, Selasa, 7 November 2017 | 14:30 WIB

Intisari-Online.com - Pasukan TNI/Polri yang paling sibuk ketika Presiden RI sedang melakukan kegiatan adalah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) karena tugas pokok pasukan ini memang melakukan pengamanan jarak dekat terhadap Presiden.

Tugas-tugas pokok Paspampres itu antara lain melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat dan dimana pun berada kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI, dan tamu negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan beserta keluarganya.

Selain itu Paspampres juga melaksanakan tugas protokoler khususnya pada upacara-upacara kenegaraan yang dilakukan baik di lingkungan Istana Kepresidenan maupun di luar lingkungan Istana Kepresidenan.

Ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mantu anaknya yang kedua Kahiyang Ayu pada hari Rabu (8/11/2017), karena yang menyelenggarakan hajatan adalah seorang Presiden RI, maka Paspampres pun tetap memberlakukan sistem pengamaan sesuai tugas-tugas pokoknya.

(Baca juga: Presiden Jokowi Hendak Mantu, Pasukan Pengamanan pun Menyiapkan Kesigaan Tertinggi Laiknya Mau Perang)

Presiden Jokowi telah terbiasa hadir di acara-acara yang dihadiri juga oleh puluhan ribu masyarakat dan sebagai Presiden yang ingin dekat dengan rakyatnya kadang ia “melanggar” prosedur pengamanan yang sudah disiapkan oleh Paspampres.

Misalnya saja Presiden Jokowi bisa secara tiba-tiba turun dari mobilnya untuk menyalami warga yang berkerumun.

Tapi setelah sekitar tiga tahun Presiden Jokowi sering melakukan “manuver tiba-tiba” itu para personel Paspampres pun sudah bisa menyesuaikan diri dalam menerapkan sistem pengamanannya.

Sebagai pasukan yang bertugas melakukan pengamanan jarak dekat kepada Presiden, di acara apapun Paspampres selalu berada di lingkar pengamanan ring 1 atau perimeter pertama.

Sementara di lingkar pengamanan ring 2 dan ring 3 tetap ada pasukan Paspampres yang bertugas melakukan koordinasi dengan pasukan pengaman lainnya dari unsur TNI/Polri.

Personel Paspampres yang bertugas di ring 1 bertugas mensterilkan halangan apapun yang bisa mencelakai Presiden dan dalam tugas-tugasnya mereka dilengkapi persenjataan serta teknologi yang canggih demi bisa mengantisipasi segala jenis ancaman.

Personel Paspampres di ring 1 memberlakukan disiplin dan peraturan sangat ketat termasuk mencurigai aparat keamanan yang bukan anggota Paspampres.