Find Us On Social Media :

Sering Lama Membalas Pesan, Jangan-jangan Pasangan Anda Telah Selingkuh

By Moh Habib Asyhad, Senin, 6 November 2017 | 16:30 WIB

Intisari-Online.com - Pernahkah mendapati pasangan Anda lama membalas pesan yang Anda kirim? Jika pernah, Anda mestinya lebih hati-hati.

Menurut sejumlah ilmuwan dan psikolog yang meneliti percakapan melalui media sosial, pasangangan yang berselingkuh cenderung berlama-lama membalas pesan.

Secara lebih spesifik, penelitian itu menyebut bahwa orang yang berselingkuh cenderung tidak langsung membalas pesan pasangannya.

(Baca juga: Mengenal Cupeng dan Badong si Penangkal Perselingkuhan )

(Baca juga: Bercinta dengan Robot Seks, Apakah Itu Termasuk Selingkuh?)

Mereka biasanya butuh waktu jeda, dan dalam kalimat balasannya seringkali adalah hal yang “aneh” yang tidak biasa ia kemukakan.

Menurut para peneliti dari Universitas Brigham Young, Amerika Serikat, itu adalah tanda-tanda kebohongan.

Apa landasan para peneliti itu?

Mereka menggambarkan, di saat jeda tersebut, pasangan kita perlu waktu untuk memikirkan pesan yang hendak ia kirim agar kita tidak curiga.

“Percakapan digital adalah lahan yang subur untuk kebohongan karena lawan bicara tidak bisa melihat ekspresi dan nada bicaranya. Dan sayangnya, manusia sangat mudah dibohongi,” kata Tom Meservy, professor Teknik Informatika Universitas Brigham Young, Amerika.

Para peneliti itu mencoba menemukan metode yang tepat agar dapat mendeteksi sebuah kebohongan dalam teks.

Untuk membuktikannya, Messervy dan rekannya Jeffery Jenkins, melakukan uji coba terhadap 100 mahasiswa dari dua kampus di Amerika.