Find Us On Social Media :

Namanya Mendadak Disebut-Sebut Oleh NATO, Sebagai Ancaman Serius, China Langsung Marah Besar Mencak-Mencak Sambil Ungkapkan Hal Ini

By Afif Khoirul M, Jumat, 1 Juli 2022 | 11:40 WIB

Foto Pasukan Militer China.

Intisari-online.com - China percaya bahwa, dengan "pemikiran Perang Dingin dan bias ideologis", NATO-lah yang "menantang keamanan global dan merusak perdamaian dunia".

Dalam Konsep Strategis baru yang dirilis pada (29/6), NATO mengatakan bahwa China bukanlah lawan dari blok tersebut tetapi merupakan "ancman serius".

"Ambisi China dan kebijakan koersif menantang kepentingan, keamanan, dan nilai-nilai kami. Mereka berusaha mengganggu tatanan internasional yang ditetapkan oleh supremasi hukum, di ruang angkasa, dunia maya, dan domain maritim," kata dokumen itu.

Ini adalah pertama kalinya NATO memasukkan China dalam Konsep Strategis.

Beijing menyatakan kemarahannya pada langkah baru NATO, dengan mengatakan bahwa blok itu sengaja "mencoreng" China.

"Siapa yang menantang keamanan global dan merusak perdamaian dunia? Selama bertahun-tahun, apakah ada perang atau konflik di mana NATO tidak hadir?"

"Apa yang disebut Konsep Strategis NATO dipenuhi dengan pemikiran Perang Dingin dan bias ideologis."

"Mereka mencoba untuk menyerang dan mencoreng China dengan jahat," kata misi diplomatik China untuk UE pada (30/6).

Baca Juga: Jelas Terlihat di Depan Mata Rusia Sebagai Musuh Bebuyutan NATO, Mendadak Organisasi Militer Itu Singgung Nama China Sebagai Ancaman Barunya Gara-Gara Hal Ini

"Dalam menghadapi tindakan yang mempengaruhi kepentingan China, kami akan merespons dengan tegas dan kuat," delegasi China memperingatkan.

Pada hari yang sama, Zhang Jun, Duta Besar China untuk PBB, juga bereaksi keras terhadap masuknya Beijing ke dalam Konsep Strategis oleh NATO.

"China dengan tegas menentang keterlibatan NATO di kawasan Asia-Pasifik atau pembentukan NATO versi Asia," kata Zhang Jun pada pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai situasi tersebut.