Advertorial

Kampanye #BudayaBeberes KFC, Warganet: Udah Bayar Mahal, Suruh Beresin Sendiri

Ade S

Editor

Kampanye Budaya Beberes yang diluncurkan KFC Indonesia menuai pro dan kontra masyarakat. Psikolog langsung menyoroti empati warganet Indonesia.
Kampanye Budaya Beberes yang diluncurkan KFC Indonesia menuai pro dan kontra masyarakat. Psikolog langsung menyoroti empati warganet Indonesia.

Intisari-Online.com -Kampanye yang diluncurkan oleh restoran cepat saji KFC, #BudayaBeberes, sejak Februari 2018 menuai pro dan kontra di masyarakat.

Sebagian masyarakat merasa setuju, namun tidak sedikit pula yang menolak kampanye untuk membuang sendiri sampah bekas makanan tersebut.

Pendapatpro dan kontra tersebut dapat terlihat melalui kolom komentar di akun Instagram dan Facebook KFC Indonesia.

Baca Juga : Hanya Gara-gara Tutup Pintu Mobil, Meghan Markle Disorot Pakar Etika

Mereka yang kontra dengan kampanye tersebut memiliki alasan beragam, mulai dari alasan makan di luar karena malas beberes hingga mencurigai KFC ingin mengurangi karyawanannya demi peningkatan pendapatan.

Baca Juga : Bila Memutuskan Resign Ada Etika yang Bisa Dilakukan agar Tetap Baik di Mata Perusahaan

"Kebanyakan orang makan diluar itu karena males masak dan beberes dirumah. Terus yg pekerjaannya staf bersih'' buat apa? Mau diPHK secara lembut," tulis netizen Apris Santos.

Berikut ini rangkuman beberapa komentar warganet yang menolak kampanye #BudayaBeberes dari KFC.

Baca Juga : Begini 5 Etika Menjadi Netizen yang Baik Agar Tidak Dipolisikan Seperti Ahmad Dhani

Sementara itu, beberapa warganet justru setuju dengan kampanye tersebut.

Ada yang beralasan karena beberapa restoran sudah menjalankan program yang sama, ada pula yang menganggap kampanye tersebut melatih kita untuk tertib.

Baca Juga : 7 Fakta Mengejutkan Ini Bukti bahwa Jepang Memang Negara yang Punya Etika Tinggi!

Tanggapan KFC Indonesia

Hendra Yuniarto, General Manager Marketing KFC Indonesia yang dihubungi KompasTravel, Rabu (16/1/2019), menjelaskan bahwa kampanye #BudayaBeberes merupakan wujud kepedulian KFC Indonesia terhadap kelestarian lingkungan dengan cara mengedukasi konsumen akan pentingnya upaya pemilahan sampah.

Jika dibandingkan dengan KFC di luar negeri, memang banyak yang konsumennya sudah terbiasa membereskan sendiri sampah sisa bersantap mereka. Hal ini didukung oleh kebiasaan mereka memilah sampah sejak di rumah.

"Oleh karena itu, kami berharap konsumen di Indonesia juga dapat menjadikan hal ini sebagai kebiasaan dan kami harapkan KFC Indonesia mampu menjadi pionir di restoran cepat saji yang menyebarkan ide positif untuk memulai kebiasaan seperti di luar negeri," kata Hendra.

Hendra juga mengatakan, lewat kampanye #BudayaBerberes KFC berharap konsumen dapat memilah sampah dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. Tidak hanya di KFC tetapi juga di restoran lain, bahkan di rumah sendiri.

"KFC berharap kampanye #BudayaBeberes ini akan menjadi program yang berkelanjutan. Tentunya kami juga butuh dukungan dari para konsumen terhadap program ini," tambah Hendra.

Pendapat Psikolog

Terkait semua komentar pedas itu, mengapa ada orang yang seperti tidak sudi melakukan hal sederhana dan mengapa ada beberapa kalangan yang pro justru merasa dirinya lebih baik dibanding mereka yang tidak melakukannya?

Menjawab pertanyaan itu, Kompas.com menghubungi psikolog sosial Rizqy Amelia Zein. Setelah Amel melihat pro kontra yang terjadi di media sosial, hal tersebut mengindikasikan dua hal.

Baca Juga : Jangan Sembarangan 'Share' Video Aksi Bunuh Diri! Membagikan Foto atau Video Ada Etikanya!

"Yang pertama terlintas di kepala saya adalah soal empati," kata Amel dihubungi Kompas.com via telepon, Kamis (17/1/2019).

Empati berasal dari kata empatheia yang berarti ikut merasakan.

Dosen pengajar di Universitas Airlangga, Surabaya, itu menjelaskan, dalam psikologi konsep empati sebenarnya sudah muncul sebelum empati itu sendiri.

Tahapan pertamanya, apakah orang dapat mengenali emosi orang lain. "Jadi misalnya ada teman atau saudara sedang sedih, apakah saya bisa merasakan kesedihannya dan tahu bahwa ia sedang sedih, misalnya," jelasnya memberi contoh.

Setelah mengenali emosi orang lain, tahapan selanjutnya manusia akan membayangkan apa yang akan dirasakan saat sedih.

"Setelah itu akan menjadi empati dan akan menjadi perilaku menolong," paparnya.

Berkaitan dengan pro kontra kampanye #BudayaBerberes yang digaungkan KFC, Amel melihat persoalan di sini sebenarnya sederhana, yakni mengapa kita harus membereskan makanan.

"Kalau saya lihat di (kolom) komentarnya, itu enggak salah juga. Memang orang datang ke sana untuk makan dan perusahan juga membayar cleaner. Sebenarnya diberesin atau enggak (oleh konsumen) juga akan tetap dibersihin cleaner, enggak salah juga," ucapnya.

"Ketika kita melakukan itu, seenggaknya kita dapat membantu orang yang melakukan pekerjaannya menjadi lebih mudah," imbuhnya.

Baca Juga : Jangan Sembarangan 'Share' Video Aksi Bunuh Diri! Membagikan Foto atau Video Ada Etikanya!

Dengan banyaknya komentar yang menegaskan seseorang tidak mau melakukan hal sederhana, hal ini menunjukkan orang tersebut tidak bisa membayangkan bagaimana efeknya untuk orang lain bila melakukan sesuatu yang kecil dan sederhana.

Amel mengatakan, ada banyak penelitian yang menemukan bahwa mayoritas orang normal dan tidak memiliki gangguan kejiwaan juga memiliki kemampuan yang baik untuk mengenali emosi orang lain.

Lantas apakah yang membuat beberapa orang yang bisa merasakan emosi orang lain memilih untuk mengabaikannya?

"Persoalannya adalah, jangan-jangan orang itu menolak untuk melakukan hal yang baik atau melakukan hal yang berkaitan dengan membantu kemudahan orang lain. Itu persoalannya bisa jadi pada diri mereka sendiri," jelasnya.

"Artinya mereka enggak bisa membayangkan kalau orang lain bakal senang ketika mereka melakukan sesuatu yang baik. Karena mereka (yang tidak mau melakukannya) bisa jadi dalam kondisi yang sedang tidak baik," ungkapnya.

Sedang ada di kondisi tidak baik bukan berarti sedang mengalami gangguan kepribadian.

Kondisi tidak baik yang dimaksud Amel adalah saat seseorang sedang mengalami depresi, kesusahan, stres, mood buruk, atau memiliki beban pikiran yang berat.

"Mereka tidak mungkin bisa mengubah orientasinya kepada orang lain. Bayangan mereka soal diri mereka sendiri, jadi enggak mungkin mereka bergerak kemana-mana, kecuali tentang dirinya sendiri," imbuhnya.

Sehingga, orang yang kontra terkait ajakan KFC Indonesia, Amel melihatnya mungkin ada indikasi mereka sedang memiliki masalah dengan dirinya sendiri sehingga tidak dapat memikirkan orang lain.

Baca Juga : Baca Baik-baik 7 Etika Membesuk Orang Sakit Ini! Siapa Tahu Selama Ini Anda Sudah Salah

Mereka bukan hanya enggan membereskan sampah makanan sendiri. Amel melihat, kemungkinan besar orang-orang ini juga tidak akan mau membantu orang lain dalam berbagai hal.

Kemudian tentang mereka yang pro dan justru meremehkan orang lain, Amel melihat ini indikasi perilaku buruk juga.

Hal ini mungkin karena mereka sempat memiliki pengalaman tinggal di sebuah lingkungan yang menganggap kampanye seperti yang dilakukan KFC sangat biasa, kemudian di Indonesia ternyata muncul pro kontra.

"Ini yang kemudian mungkin membuat anggapan bahwa masyarakat Indonesia terbelakang," katanya.

Untuk itu, menurutnya orang yang pro tapi meremehkan dan menjelekkan mereka yang kontra, memiliki perilaku yang sama buruknya seperti orang yang enggan melakukan hal sederhana.

Bagaimana sebaiknya menanggapi hal ini?

Menurut Amel, edukasi semacam ini sebenarnya penting dan yang terjadi di sini adalah adanya dua kubu ekstrem.

"Tapi sebenarnya yang di antara keduanya kan masih banyak juga," ujarnya.

Ia sendiri mengapresiasi apa yang dilakukan KFC Indonesia.

Amel berpendapat, nantinya akan ada dan banyak orang yang perilakunya berubah seiring dengan kampanye semacam ini digalakkan.

"Atau sederhananya ketika karyawan KFC melihat konsumen membereskan makanannya sendiri dan mengungkapkan terima kasih, reward positif semacam ini mungkin akan membuat konsumen merasa perilakunya dihargai dan ia akan merasa senang karena membuat orang lain menjadi senang. Ini akan membuat orang berpikir bahwa perilaku tersebut adalah yang benar dilakukan," tutupnya.

(Gloria Setyvani Putri,Silvita Agmasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kampanye KFC #BudayaBerberes Tuai Polemik, Begini Kata Psikolog Sosial" dan"Pro Kontra Netizen untuk Kampanye #BudayaBeberes KFC".

Baca Juga : Siap 'Digeledah', 1 dari 6 Etika di Bandara yang Tak Hanya Wajib Diketahui, Namun Juga Ditaati

Artikel Terkait