Find Us On Social Media :

Ada Bedak Bayi yang Disebut Bisa Menyebabkan Kanker, Bagaimana Mungkin Bisa Terjadi?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 19 Desember 2018 | 14:00 WIB

Intisari-Online.com – Pada tahun 2017, hakim memerintahkan Johnson & Johnson untuk membayar $417 juta (Rp5,9 triliun) karena tuntutan seorang wanita berusia 63 tahun di Los Angeles yang menderita kanker ovarium setelah menggunakan bedak bayi perusahaan tersebut selama beberapa dekade.

Seperti banyak wanita yang menggunakan bedak bayi untuk menyegarkan atau mengurangi lecet di antara paha mereka, pada alat kelamin mereka, atau pakaian dalam, Eva Echeverria yang berusia 63 tahun itu tidak menyadari bahwa selama bertahun-tahun hubungan potensial terjadi antara kanker ovarium dan talc, mineral yang digunakan dalam beberapa jenis bedak bayi.

Bukan hanya itu, awal tahun itu, hakim Missouri memberikan $110 juta (Rp1,5 triliun) kepada seorang wanita Virginia yang mengklaim bahwa kankernya disebabkan oleh bedak bayi. Demikian dilansir dari health.com

Pada tahun 2016, Johnson & Johnson juga diperintahkan untuk membayar puluhan juta dolar kepada beberapa wanita lain, yang juga telah mengembangkan kanker setelah menggunakan bedak ini.

Baca Juga : Selama Beberapa Dekade, Bedak Bayi 'Ikonik' Ini Ternyata Sengaja Sembunyikan Kandungan Berbahaya dari Produknya

Kini, setelah beberapa miliar dolar dalam tuntutan hukum, penyelidikan Reuters telah menemukan bahwa Johnson & Johnson tahu selama beberapa dekade bahwa bedak bayinya dapat terkontaminasi dengan asbes, karsinogen yang terjadi secara alami dengan bedak.

Dokumen menunjukkan bahwa setidaknya dari tahun 1971 hingga awal 2000-an, bubuk bedak perusahaan tersebut, saat diuji positif mengandung sejumlah kecil asbes.

Johnson & Johnson menyatakan bahwa bedak bayinya tidak berbahaya, termasuk artikel di situs webnya yang berjudul “5 fakta penting tentang keamanan talc.”

Kini, kita pasti bertanya-tanya, “Jadi, apakah menggunakan bedak bayi dapat menyebabkan kanker ovarium?”

Baca Juga : Tak Hanya untuk Bayi, Bedak Bayi Juga Bisa Digunakan untuk Merawat Kecantikan Lho...