Intisari-Online.com – Siapa yang tidak tergiur dengan produk diskon? Seberapa pun besaran potongan harganya, itu berarti sebuah penghematan. Dan, tawaran promosi akhir pekan dari peritel modern bisa jadi momentum untuk menghemat belanja bulanan kebutuhan rumahtangga kita.
Budi Raharjo, Perencana Keuangan OneShildt, mengatakan, tawaran promosi akhir pekan dari toko ritel modern tampaknya cukup besar pada keuangan kita. Dia memberi simulasi, misalnya, dalam sebulan anggaran belanja kebutuhan rumah tangga sebesar Rp2 juta. Dengan penghematan 5% hingga 10% saja dari program peritel itu, maka tiap bulan ada uang lebih sebanyak Rp100.000 sampai Rp200.000.
Kadang, Budi mengungkapkan, orang meremehkan hasil penghematan uang belanja bulanan yang nilainya kecil. “Padahal, seberapa pun besar kelebihan dari uang belanja, dana itu bisa digunakan untuk investasi,” katanya.
Jadi, hasil penghematan jangan malah dipakai untuk membeli barang lainnya. Dengan menghemat sekitar Rp100.000 – Rp200.000 per bulan, maka setahun nilai penghematannya lumayan besar, mencapai Rp1,2 juta – Rp 2,4 juta. Nah, Budi bilang, uang sebesar ini bisa untuk menambah investasi, misalnya, dana pensiun.
Seperti kata pepatah: sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit, atau sehari selembar benang, lama-lama menjadi sehelai kain.