Intisari-Online.com – Sering stres timbul karena banyaknya hal yang harus dikerjakan dan waktu yang terlalu sedikit. Atau karena sering menunda-nunda. Menetapkan prioritas dan memperaktikkan keterampilan mengatur waktu dengan sederhana dapat sangat membantu mengurangi tekanan dalam hari-hari kita.
Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stres.
- Catatlah semua tugas dalam sebuah daftar. Termasuk semua yang harus dilakukan, besar atau kecil. Mungkin tercatat sekitar 50 hal. Tandai tanggal dan tenggat waktu untuk hal-hal yang penting di kalender kita.
- Setiap hari, catat 5 – 10 tugas yang akan diselesaikan hari itu.
- Bagilah jadwal harian itu menjadi tiga tahapan: A, B, dan C.
- Butir A merupakan dua atau tiga tugas penting yang mendesak dan mungkin menguras lebih banyak tenaga. Lakukan itu lebih dahulu atau saat tenaga masih banyak.
- Butir B terdiri atas tugas penting yang tidak mendesak. Ini membantu Anda dalam membuat sasaran jangka panjang.
- Butir C terdiri atas hal-hal rutin, yang harus dilakukan hari ini. Dapatkah Anda mendelegasikan beberapa tugas itu?
Jika masih saja bermasalah, cobalah menganalisis bagaimana kita mengisi waktu selama beberapa hari itu. Siapa tahu mungkin kita menghabiskan waktu dengan hal-hal yang kurang penting atau hal-hal yang tidak tercantum dalam daftar. (
Mayo Clinic Family Health Book)