Sopan Santun di Tempat Kerja

K. Tatik Wardayati

Editor

Sopan Santun di Tempat Kerja
Sopan Santun di Tempat Kerja

Intisari-Online.com – Apakah Anda seorang yang sedang magang, ataukah Anda seorang bos, belajarlah bagaimana bersikap sopan di tempat kerja dengan sikap dasar seperti yang disampaikan oleh rd.com berikut ini.

  • Simpan gadget Anda di laci dalam pertemuan yang dihadiri oleh atasan atau orang lain yang mungkin saja tersinggung karena Anda sepertinya lebih mementingkan gadget daripada isi pertemuan.
  • Jangan muncul di samping bilik kerja rekan, melakukan percakapan hanya memunculkan kepala tanpa tubuh.
  • Jangan menggunakan speakerphone, kecuali berada di ruangan sendiri dan melakukan pertemuan yang juga diikuti oleh seseorang dari jarak jauh. Ingatkan pada orang yang berbicara di telepon, bahwa ada orang lain yang hadir ikut mendengarkan, dan tutuplah pintu.
  • Saat menjawab telepon, sebutkan nama dan tempat usaha: “Redaksi Intisari dengan Ani berbicara. Ada yang bisa saya bantu?”
  • Ketika meninggalkan pesan suara, sebutkan nama Anda, tempat usaha, dan nomor telepon. Ringkas saja mengatakan mengapa Anda menelepon. Ulangi langkah satu, lalu ucapkan selamat tinggal dan terima kasih.
  • Siapa pun yang tiba pertama di pintu memegang gagangnya untuk orang berikutnya, tidak peduli apa pun jenis kelaminnya.
  • Jangan memanaskan makanan yang berbau menyengat di ruang makan bersama.
  • Saat memperkenalkan orang, sebutlah namanya dengan statusnya yang terbesar; “Bapak A, CEO Perusahaan B, ….”
  • Jika meninggalkan ponsel Anda di meja, lebih baik matikan dulu.
  • Jangan berkata, “Maafkan saya.” Katakanlah, “Saya mohon maaf.” Kalimat pertama adalah perintah, sementara kalimat kedua, permintaan.