Intisari-Online.com – Setiap orang pasti mengalami tekanan di kantor. Untuk meringankannya, masing-masing orang juga memiliki strategi dalam menghadapi tekanan kerja. Tapi ada lima rahasia menjadi karyawan bahagia menurut salah satu buku paling laris di New York, The Happiness Project karya Gretchen Rubin, yaitu:
1. Senang menggunakan cuti
Denmark dinyatakan sebagai negara yang punya karyawan paling bahagia di bumi. Penyebabnya ialah karena mereka mewajibkan tiap pekerja untuk mengambil jatah cuti yang bisa mencapai 1 bulan penuh. Pasalnya, mereka percaya kalau rehat sejenak dari kantor bisa membuat pikiran lebih fresh dan bahagia saat bekerja. Sehingga karyawan tak segan bekerja keras untuk bisa merasakan nikmatnya cuti.
2. Cepat sampai kantor
Carilah transportasi tercepat yang bisa membawa kita menuju kantor tidak lebih dari 1 jam. Sebab semakin lama kita di perjalanan, semakin rendah pula produktivitas kita dalam bekerja. Bila tak juga memungkinkan, lakukan kegiatan menyenangkan untuk menghindari stres berkepanjangan saat macet.
3. Happy hour is a must
Masih sempat hangout atau olahraga sepulang kantor menjadi salah satu tanda kalau kita sukses mengatur waktu. Punya kehidupan lain selain pekerjaan bisa membuat kita lebih menikmati hidup dan jauh dari tekanan.
4. Akrab dengan rekan kerja
Jabatan atau gaji merupakan 2 hal penting dalam bekerja, namun tak menjadi alasan utama seorang karyawan akan merasa bahagia. Melainkan hubungan baik dengan atasan serta rekan-rekan satu kantorlah yang bisa membuat pekerjaan jadi lebih mudah dilakukan. Setelah itu barulah diikuti gaji dan jabatan.
5. Senang menolong
Mengejar ambisi untuk sukses itu baik, namun imbangi dengan menolong mereka yang membutuhkan. Sehingga tidak tak akan terus merasa kekurangan karena punya kesempatan untuk bersyukur.
(Ayunda Pininta Kasih/Equita Maulidya / chicmagz.com)
Penulis | : | Birgitta Ajeng |
Editor | : | Birgitta Ajeng |
KOMENTAR