Intisari-Online.com - Konsep yang mendasari di balik setiap nasihat manajemen waktu adalah bahwa kita harus menghabiskan waktu lebih terfokus pada apa yang paling penting dan mengurangi bahkan menghilangkan waktu untuk hal-hal yang tidak penting.
Namun kadang kita kesulitan memisahkan dengan baik mana hal yang penting dan kurang penting tersebut. Untuk itu, muncullah aturan ‘40-30-20-10’. Sebuah konsep manejemen waktu yang diharapkan dapat menghilangkan ungkapan ‘tidak cukup waktu’ saat mengerjakan suatu tugas.
Berikut ini penjelasan tentang aturan 40-30-20-10:
* 40% dari waktu Anda pada prioritas yang paling penting Anda
* 30% pada prioritas kedua Anda
* 20% pada prioritas ketiga Anda
* 10% dari segala sesuatu yang lain dikombinasikan
Beberapa hal yang perlu menjadi catatan antara lain 1) kita harus fokus pada tiga prioritas utama, 2) membuat prioritas satu dari tiga pilihan tersebut dan 3) menyisihkan waktu untuk hal-hal lain - tetapi tidak terlalu banyak waktu.
Terlihat sederhana? Cobalah praktikan.
(forbes.com)
Penulis | : | Ade Sulaeman |
Editor | : | Ade Sulaeman |
KOMENTAR