Berikut 7 Tips Agar Bisnis yang Dijalankan Disukai Banyak Orang (2)

Arnaldi Nasrum

Editor

Berikut 7 Tips Agar Bisnis yang Dijalankan Disukai Banyak Orang (2)
Berikut 7 Tips Agar Bisnis yang Dijalankan Disukai Banyak Orang (2)

Intisari-Online.com - Bisnis yang dijalankan dapat dengan sekejap terpuruk. Penyebabnya beragam. Dimulai dari ketidakpercayaan pelanggan hingga pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar. Namun, tidak sedikit pula bisnis yang mampu bertahan dan mencapai kesuksesannya. Para pelaku bisnis ini menjalankan bisnisnya dengan penuh komitmen dan kreativitas. Nah, berikut 7 tips agar bisnis yang dijalankan disukai banyak orang.

Jadilah pendengar yang baik

Mendengarkan adalah salah satu keterampilan dalam bisnis yang harus dimiliki. Hal ini disebabkan karena hal tersebut akan menentukan seberapa baik kita dapat menyerap skenario yang berbeda dan tetap terlibat dengan situasi yang mungkin sulit. Menjadi pendengar yang baik juga berarti dapat memahami komentar dari setiap pelanggan, interaksi dalam kolom chat ataupun melalui layanan pelanggan balasan e-commerce yang ada.

Ajukan pertanyaan yang tepat

Mengajukan pertanyaan yang tepat sejalan dengan menjadi pendengar yang baik. Ini menunjukkan kepada pelanggan bahwa kita telah berfokus pada kekhawatiran mereka dan secara aktif mencari solusi untuk memecahkan masalah yang diajukan. Dengan begitu, maka kita akan memiliki informasi yang diperlukan untuk memahami permasalahan secara keseluruhan dan mengarahkan pelanggan untuk melakukan sesuatu. Perlu dipahami, pintu bisnis selalu terbuka untuk pengusaha yang berwawasan luas dan melihat peluang yang besar.

Bersikap jujur dan apa adanya

Kita harus menunjukkan minat pada pelanggan. Tunjukkan bahwa kita berempati dengan situasi yang dihadapi dan mendukung kepentingan mereka. Kita perlu menghindari sikap sembarangan terhadap pelanggan. Dengan begitu, maka kita akan mendapatkan kepercayaan mereka dengan rasa percaya diri dan pengambilan keputusan yang baik atas nama mereka.

Bekerja dengan hati

Pelanggan tentu saja menginginkan saran untuk membantu mereka memenuhi kebutuhan dan keinginannya dengan segera. Namun, mereka juga tentu ingin berurusan dengan orang-orang yang bersikap terbuka tentang bisnis mereka. Antusiasme dan semangat positif membuat lebih mudah untuk membangun hubungan yang akan menopang aktivitas bisnis nantinya.

(About.com)