Intisari - Online.com -Pemerintah China lewat China Development Bank (CDB) meminta pemerintah Indonesia ikut menanggung pembengkakan biaya proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).
Permintaan muncul karena terjadi kelebihan biaya (cost overrun) dalam pengerjaan konstruksi proyek kereta cepat ini.
Diketahui, proyek KCJB mengalami cost overrun, membengkak sebesar USD 8 miliar atau Rp 114,24 triliun.
Biaya itu membengkak sebesar USD 1,9 miliar, setara dengan Rp 27,09 triliun dari awalnya USD 6,07 miliar atau Rp 86,5 triliun.
China meminta APBN pemerintah Indonesia dipakai guna menanggung pembengkakan biaya KCJB.
Indonesia belum bisa langsung menerima permintaan ini, karena masih harus dibahas di Kementerian Keuangan yang bertugas sebagai bendahara APBN.
Krisis luar negeri China
Hanya lima tahun yang lalu, pemimpin China Xi Jinping menyatakan bahwa Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) adalah “proyek abad ini”.
Sekarang program besar untuk membangun infrastruktur yang seringkali bermanfaat di negara-negara berkembang berubah menjadi operasi pemadam kebakaran finansial dalam skala besar.
Nilai total pinjaman dari lembaga keuangan China untuk proyek-proyek di negara-negara BRI yang harus dinegosiasi ulang pada tahun 2020 dan 2021 mencapai $52 miliar, menurut data yang dikumpulkan oleh Rhodium Group, sebuah kelompok riset yang berbasis di New York.
Ini mewakili lebih dari tiga kali lipat $16 miliar dari dua tahun sebelumnya.
Dengan cara ini skema Xi menjadi krisis utang luar negeri pertama China.
Negosiasi ulang — yang sebagian besar melibatkan penghapusan pinjaman, jadwal pembayaran yang ditangguhkan, dan pengurangan suku bunga — diperlukan oleh memburuknya kondisi keuangan di negara-negara debitur ditambah masalah khusus proyek.
Skala BRI membuat ini menjadi isu penting secara global. China menempati peringkat sebagai sumber kredit pembangunan terbesar di dunia ke seluruh dunia, setelah melampaui Bank Dunia dan IMF.
Ini juga memberikan lebih banyak pinjaman pembangunan luar negeri daripada 22 anggota Klub Paris yang digabungkan.
Yang pasti, penurunan tajam portofolio pinjaman BRI pada tahun 2020 dan 2021 didorong ke tingkat yang signifikan oleh pandemi.
Tetapi Beijing juga harus mengakui bahwa kekurangan dalam desain program – termasuk kurangnya transparansi secara umum, manajemen risiko yang tidak memadai pada proyek-proyek dan partisipasi banyak negara debitur paling berisiko di dunia – juga memakan korban.
Studi dampak lingkungan dan sosial hampir selalu tidak ada dalam proyek infrastruktur BRI yang dibiayai oleh dua bank kebijakan besar China dan bank komersial milik negara.
Meskipun ini dapat mempercepat implementasi, ini meningkatkan risiko lebih lanjut.
Protes publik, penundaan kronis, dan tuduhan korupsi telah mengganggu banyak proyek BRI yang terkenal.
Pemilihan debitur utama yang berisiko — termasuk Pakistan, Venezuela, Rusia, Angola, Ekuador, Argentina, Sri Lanka, Zambia, dan Iran — adalah kekurangan desain lainnya.
Ketika pinjaman proyek meledak, Beijing telah menjadi kewajiban untuk memberikan "puluhan miliar" dolar AS dalam "pinjaman penyelamatan" ke negara-negara BRI untuk mencegah default, menurut penelitian oleh AidData, sebuah kelompok riset.
Masalah mendesak sekarang untuk China dan untuk debitur BRI yang telah gagal — seperti Sri Lanka dan Zambia — adalah bagaimana menyelesaikan krisis dengan cepat bersama sesama kreditur seperti Bank Dunia, pemberi pinjaman multilateral lainnya dan pemegang obligasi internasional.
Meskipun bekerja sama dengan pemberi pinjaman multilateral bertentangan dengan desain bilateral BRI, Beijing harus berusaha untuk mematuhi prinsip paritas yang luas.
Alih-alih memposisikan dirinya sebagai kreditur prioritas, China harus menyetujui pembayaran pinjaman dengan persyaratan yang hampir sama dengan Bank Dunia dan badan multilateral lainnya, dan mengambil potongan yang sama dalam pembayaran.
Itu akan mempercepat resolusi dan mengurangi tekanan ekonomi di negara-negara yang gagal bayar.