Intisari-Online.com -Berbicara kebenaran dalam kekuasaan selalu menjadi strategi berisiko tinggi di China.
Penguasanya cenderung lebih menyukai sanjungan, dan para penulis yang melupakan hal ini akan menanggung risikonya sendiri.
"Sejarawan agung" China 2.000 tahun yang laluSima Qian adalah salah satu dari banyak orang yang telah membayar harga yang mengerikan untuk mengungkap kebenaran.
Melansir BBC, pada 99 SM, di perbatasan utara China, pasukan kekaisaran telah menyerah kepada orang barbar.
Di istana, berita itu disambut dengan keterkejutan dan Kaisar pun mengamuk.
Tetapi seorang pejabat pemula menentang etiketistana dengan membela jenderal yang kalah.
"Dia adalah seorang pria dengan banyak kemenangan terkenal untuk pujiannya, seorang pria yang jauh di atas orang biasa, sementara para abdi dalem ini - yang satu-satunya perhatiannya adalah melindungi diri mereka sendiri dan keluarga mereka - memanfaatkan satu kesalahan. Saya merasa sakit hati melihatnya," tulis Sima Qian dalam sebuah surat kepada seorang teman setelahnya.
Jenderal telah melakukan makar dengan menyerah. Dan Sima Qian telah melakukan makar dengan membelanya.
"Tidak ada teman saya yang datang membantu saya, tidak ada rekan saya yang berbicara sepatah kata pun atas nama saya," tulisnya.
Sima Qian melanjutkan, "Saya sendirian dengan inkuisitor saya, terkurung dalam kegelapan sel saya."
Pada akhirnya Sima Qian ditawari pilihan yang tidak menyenangkan yakni kematian atau pengebirian.
Untuk orang-orang sezamannya, kematian adalah satu-satunya pilihan yang terhormat tetapi Sima Qian memiliki tujuan yang lebih besar daripadaistana China pada abad ke-1 SM.
Dia sedang menulis sejarah kemanusiaan untuk anak cucu.
Ayah Sima Qian pernah menjadi sejarawan istana sebelum dia dan telah memulai proyek tersebut.
Di ranjang sakitnya, dengan keduanya menangis, sang ayah mengeluarkan janji dari putranya untuk menyelesaikan pekerjaan epik itu.
Jadi Sima Qian memilih kebiri.
"Jika saya mengikuti adat dan tunduk pada eksekusi, bagaimana hal itu akan membuat perbedaan yang lebih besar daripada hilangnya sehelai rambut dari kawanan lembu atau kehidupan seekor semut?"tulis Sima.
"Seseorang hanya memiliki satu kematian. Kematian itu mungkin seberat Gunung Tai atau seringan bulu angsa. Itu semua tergantung pada cara dia menggunakannya."
Tetapi baik dalam surat maupun dalam otobiografinya, Sima Qian tidak dapat menggambarkan kengerian pengebirian.
Sudah diketahui bahwa pria yang dikebiri dapat dengan mudah mati karena kehilangan darah atau infeksi sehingga setelah dimutilasi, sisa kebiri disimpan seperti ulat sutra di ruangan yang hangat dan bebas angin.
Sima Qian tidak pernah pulih dari rasa malu.
"Saya melihat diri saya sekarang, dimutilasi dalam tubuh dan hidup dalam aib keji. Setiap kali saya memikirkan rasa malu ini saya menemukan diri saya berkeringat."
Tetapi dia juga menulis bahwa jika, sebagai hasil dari pengorbanannya, karyanya akhirnya diserahkan kepada orang-orang yang menghargainya, mencapai desa-desa dan kota-kota besar, maka dia tidak akan menyesal bahkan setelah menderita 1.000 mutilasi.
Di China saat ini, buku Sima Qian, The Records of the Grand Historian, dianggap sebagai sejarah termegah dari semuanya.
Seperti Herodotus bagi orang Eropa, demikian pula Sima Qian bagi orang China.
Yang istimewa dari sejarah Sima Qian adalah, bahkan ketika dia menulis tentang istana, itu bukan hanya sanjungan.
Dalam bukunya, Sima Qian juga menuliskan kekejaman yang dilakukan oleh para penguasa.
Sima Qian berpikir bahwa tujuan sejarah adalah untuk mengajarkan para penguasa bagaimana memerintah dengan baik.