Intisari-Online.com – Menjadi Ibu itu amazing, luar biasa, repot, banyak tanggung jawabnya, dsb, dsb. Banyak ungkapan yang mungkin keluar dari Ibu-ibu Indonesia ketika mereka ditanya soal bagaimana menjadi seorang Ibu.
Memahami peran dan tanggung jawab Ibu yang begitu besar di dalam keluarga itulah, Pepsodent, produk pasta gigi keluarga produksi PT Unilever Indonesia Tbk., meluncurkan kampanye #mommyslittlepartner. Kampanye tersebut mengajak anak Indonesia menjadi “partner” Ibu dalam menjalankan sejumlah tanggung jawab di rumah untuk membentuk kebiasaan baik.
Terkadang berbagi tanggung jawab dengan anak, dihindari oleh sebagian ibu. Mereka beranggapan bahwa tugas seorang anak lebih baik fokus pada belajar, mengerjakan tugas sekolah, dan bermain. Dan kerap kali pula Ibu memberikan tanggung jawab kepada anak ketika mereka telah beranjak remaja atau dewasa.
“Padahal, sekecil apapun tanggung jawab yang diberikan kepada anak, Ibu telah menempatkan anak sebagai mitranya, memberikan kepercayaan, dan perhatian pada anak. Membentuk kebiasaan baik pada anak tersebut sebaiknya dimulai sedini mungkin, tanpa membedakan gender. Berbagi tanggung jawab di rumah dimulai dari hal-hal kecil dan ringan, seperti membereskan kamar sendiri, atau membantu membereskan mainan, dsb,” jelas Vera Itabiliana, Psi. psikolog klinis anak.
Selain melatih anak memiliki rasa tanggung jawab, tugas dan pressure Ibu secara tidak langsung berkurang. Ketika Ibu terbiasa untuk berbagi tanggung jawab kepada anak, anak akan terlatih untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar lagi. Ada rasa bangga yang dirasakan oleh Ibu, ketika anak ikut terlibat dalam membentuk kebiasaan baik di rumah. Saat itu pula anak semakin kuat ikatan antara Ibu dengan anak-anaknya. Tapi, jangan lupa, sebaiknya Ibu memberikan apresiasi atas upaya yang sudah dilakukan oleh anak-anaknya, tambah Vera.
Nah, buat Ibu-ibu dan anak-anak Indonesia, bisa berbagi pengalaman melalui kampanye #mommyslittlepartner ini. Kampanye ini akan berlangsung selama bulan Agustus – September 2016. Dengan harapan, Ibu-ibu Indonesia dapat merasakan manfaat dari kampanye yang kami luncurkan, tandas Varina Merdekawaty, Senior Brand Manager Pepsodent.
Penulis | : | K. Tatik Wardayati |
Editor | : | K. Tatik Wardayati |
KOMENTAR