Intisari-Online.com –Sosial media telah berhasil menarik masyarakat sehingga pengguna yang telah terdaftar dalam bentuk komunikasi tersebut mencapai angka yang cukup tinggi. Melalui situs Smartinsights.com, pada Januari 2016 Pengguna internet telah mencapai 3.419 juta, dan pengguna aktif sosial media berjumlah 2.307 juta orang. Angka yang cukup tinggi bukan?
Sosial media memberikan kesempatan para pengguna dalam representasi identitas (DeAndrea, Shaw, & Levine, 2010). Melalui identitas yang dibentuk kita dapat berinteraksi dengan keluarga, teman, rekan kerja, hingga orang yang baru kita kenal melalui dunia maya.
Berbagai sosial media disajikan kepada para pengguna yang dapat kita pilih sesuai selera dan tren. Dengan beragam bentuknya, muncul media-media baru yang berusaha bersaing dalam mendapatkan para pengguna.
Dilansir dari brandwatch.com beserta sumber lainnya, berikut adalah infografis yang menunjukkan jumlah pengguna sosial media berdasarkan brand.
10. MySpace : 50.6 juta pengguna
9. Pinterest : 100 juta pengguna
8. Snapchat : 100 juta pengguna
7.Twitter : 320 juta pengguna
6. LinkedIn : 300 juta pengguna
5. Instagram : 400 juta pengguna
4. WhatsApp : 900 juta pengguna
3. Youtube : 1 milyar pengguna
2. Wechat : 1.12 milyar pengguna
1. Facebook : 1.65 milyar pengguna
Facebook tetap menjadi yang tertinggi, sedangkan tren sosial media berbasis chatting berada di posisi yang cukup tinggi seperti Wechat sebagai aplikasi asal Tiongkok yang berhasil menyusul Youtube. Peringkat ini tentu tidak mutlatk sehingga ada beberapa perubahan di masa mendatang.