Sesumbar Beri Label Mentereng untuk Hubungan dengan AS, Faktanya Indonesia Baru Saja Dihina Secara Terang-terangan oleh Negeri Paman Sam, Kunjungan-kunjungan Ini Jadi Buktinya

Tatik Ariyani

Editor

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri, Selasa (18/2/2020)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri, Selasa (18/2/2020)

Intisari-Online.com -Ketika Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan menlu Amerika Antony Blinken di Washington bulan lalu, dia mengatakan bahwa Jakarta telah memasuki "era baru hubungan bilateral" dengan Amerika Serikat.

Indikasi hubungan yang lebih erat ini muncul setelah Retno dan Blinken meluncurkan “dialog strategis” antara kedua negara untuk menghidupkan kembali kemitraan strategis AS-Indonesia yang disepakati pada tahun 2015, yang sebagian besar ditinggalkan selama pemerintahan Trump, seperti melansir SCMP, Minggu (5/9/2021).

Dalam kunjungan baru-baru ini ke Asia Tenggara, Pejabat senior pemerintahan Biden melewatkan Indonesia dalam kunjungan mereka.

Padahal, Wakil Presiden Kamala Harris bulan lalu mengunjungi Singapura dan Vietnam, dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada bulan Juli melakukan perjalanan ke negara-negara tersebut serta Filipina.

Baca Juga: 'Mereka Akan Melakukan Penyiksaan,' Kisah Cinta Tentara Afghanistan dan Perawat AS Ini Sekarang Terpisah oleh Taliban

Indonesia, yang dipandang sebagai pemimpin de facto dari ASEAN, diabaikan pada kedua kesempatan itu.

Itu merupakan sebuah langkah yang digambarkan oleh The Jakarta Post dalam editorialnya sebagai “penghinaan”.

Namun, Thomas Noto Suoneto, analis dari Komunitas Kebijakan Luar Negeri Indonesia (FPCI), mengatakan hubungan bilateral kedua negara lebih kuat di bawah Presiden AS Joe Biden daripada selama masa jabatan pendahulunya, Donald Trump.

“Saya pikir komitmen AS untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan negara-negara di kawasan tidak bisa hanya dilambangkan dengan kunjungan [Harris]. Sebelumnya, ada beberapa pertemuan penting antara pejabat Indonesia dan AS,” katanya.

Baca Juga: Kisah John Walker: Pria Amerika yang Gabung Taliban karena Terkesima dengan Islam, Begini Keadaannya Saat Ditemukan oleh Pasukan AS

Suoneto mengatakan hubungan AS-Indonesia telah stagnan dalam empat tahun di bawah Trump, di mana para pemimpin kedua negara tidak pernah bertemu secara langsung, meskipun Luhut Pandjaitan, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, bertemu dengan Trump pada pertengahan November tahun lalu ketika delegasi Indonesia mendapatkan komitmen pembiayaan infrastruktur senilai US$750 juta dari AS.

Analis kebijakan luar negeri menambahkan bahwa Indonesia dapat memanfaatkan janji pemerintahan Biden untuk meningkatkan komitmennya dengan negara-negara Asia-Pasifik, termasuk Indonesia, “dengan meningkatkan kerja samanya dengan AS, terutama dalam perdagangan dan investasi”.

“Kelanjutan komitmen infrastruktur sangat penting bagi hubungan bilateral,” kata Suoneto. “Jika ada perubahan komitmen [dari AS], itu akan memengaruhi persepsi Indonesia tentang Washington.”

Volume perdagangan antara AS dan Indonesia tahun lalu mencapai lebih dari US$27 miliar, meskipun ini dikerdilkan oleh US$71,4 miliar antara negara Asia Tenggara dan China, yang sekarang menjadi mitra dagang terbesar dan investor asing terbesar kedua.

Namun, hubungan China dengan Indonesia tidak semuanya mulus, dengan bentrokan berulang antara kedua belah pihak di perairan dekat Kepulauan Natuna yang dikuasai Jakarta dalam beberapa tahun terakhir.

Indonesia adalah bukan-penggugat dalam Laut China Selatan, tetapi bagian dari zona ekonomi eksklusifnya di Laut Natuna Utara berada dalam apa yang disebut sembilan garis putus-putus China di jalur air yang disengketakan.

Baca Juga: Di Negara Ini Wanita Muslim 'Dijual Online' untuk Olok-olok Para Pria Agama Ini, 'Ini Semua Karena Saya Muslim dan Saya Wanita'

Indonesia juga semakin khawatir tentang pembengkakan anggaran dalam membangun kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung, sebuah proyek unggulan di bawah rencana belt and road, dan telah mencari kesepakatan dengan Beijing dalam membiayai bagian yang lebih besar dari biaya konstruksi.

Beberapa analis, seperti Evan Laksmana, peneliti senior di Pusat Studi Strategis dan Internasional di Indonesia, mempertanyakan dalam kolom Kebijakan Luar Negeri baru-baru ini apakah Jakarta siap menghadapi perubahan tatanan di mana kekuatan besar bersaing untuk mendapatkan pengaruh di wilayah tersebut.

“Indonesia telah mengembangkan visi tatanan regional yang terpaku pada menjaga stabilitas dan legitimasi di dalam negeri, mencari otonomi strategis, dan menolak hegemoni kekuatan besar di kawasan itu,” tulisnya.

“Meskipun strategi penghindaran seperti itu telah menguntungkan Jakarta di masa lalu, itu tidak lagi cocok untuk era persaingan kekuatan besar baru di Indo-Pasifik.”

Artikel Terkait