Buntung Bagi China Bisa Jadi Untung Bagi Negara Miskin, Pandemi Covid-19 Ternyata Merusak Rencana China Untuk Selelsaikan Proyek Ambisiusnya Ini

Afif Khoirul M
Afif Khoirul M

Editor

Jembatan mega proyek China.
Jembatan mega proyek China.

Intisari-online.com - China dikenal sebagai negara yang sedang melakukan proyek investasi besar-besaran melalui program Belt and Road Initiative (BRI).

Proyek ini memungkinkan China melakukan pembangunan infrastruktur di kawasan, Asia, Pasifik, dan Eropa.

Sasarannya adalah negara-negara kecil yang membutuhkan biaya pembangunan.

Mereka kemudian diberi utang oleh China, dengan suku bunga tinggi yang mustahil untuk dibayar, kemudian China akan mengambil alih aset pembangunan tersebut.

Baca Juga: Tak Mau Kalah dengan AS dan Sekutunya, China Bersama Rusia dan Iran Juga Gelar Latihan Gabungan, Akankah Dua Kubu Ini Berperang?

Namun, akibat pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia ini, China tampaknya mengalami kendala.

Menurut 24h.com.vn, pada Senin (8/2/21), sekitar 15 proyek di bawah inisiatif China, Belt and Road Initiative bermasalah pada tahun 2020.

Padahal jumlah proyek tersebut diperkirakan mencapai 2,4 miliar dollar AS atau sekitar (Rp33 triliun).

Sebagian besar kegagalan proyek dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Baca Juga: Tak Mau Kalah dengan AS dan Sekutunya, China Bersama Rusia dan Iran Juga Gelar Latihan Gabungan, Akankah Dua Kubu Ini Berperang?

Menurut Institut Pembangunan Asing (ODI), yang berkantor pusat di London, Inggris, mengatakan jumlah total proyek yang terkena dampak di bawah BRI bisa lebih tinggi.

Beberapa di antaranya belum mengidentifikasi kerusakan spesifik.

Tetapi tidak semua proyek BRI yang tertunda disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Menurut laporan ODI, China Export & Credit Insurance Corporation (Sinosure) dan Hydropower Engineering & Construction Group (Sinohydro) bersama-sama berinvestasi dalam proyek bendungan Kunzvi di Zimbabwe.

Sinosure, kecewa dengan kegagalan Zimbabwe untuk membayar biaya komitmen 10 juta dollar (Rp140 miliar) untuk proyek bendungan Kunzvi, sesuai dengan persyaratan kontrak yang ditandatangani dengan Sinohydro.

Selain itu, laporan ODI juga menunjukkan bahwa Zimbabwe masih berhutang pada Sinosure dalam jumlah besar.

Saat memantau proyek BRI dari Januari hingga November tahun lalu, ODI menemukan bahwa sejumlah proyek tertunda karena pandemi Covid-19.

Baca Juga: Mengejutkan, Sebanyak 200 Lebih 'Orang Pintar' di Inggris Terendus Bantu China Ciptakan Senjata Pemusnah Massal Dengan Cara Tak Terduga Ini

Negara-negara seperti Myanmar atau Nigeria telah menutup perbatasannya. Untuk mengendalikan penyakit itu.

Selain itu, sejumlah proyek lain juga terbatas karena tidak dapat mengerahkan modal dan dukungan yang diperlukan.

Proyek yang Kedaluwarsa adalah proyek yang dibatalkan, ditunda, diblokir, ditangguhkan, atau ditarik.

Beberapa proyek penting BRI di Tanzania dan Nigeria telah ditunda atau dibatalkan karena alasan tradisional, kata Rebecca Nadin, direktur risiko dan ketahanan global ODI, risiko politik seperti korupsi atau ketidakstabilan, daripada karena pandemi Covid-19.

"Risiko politik yang terkait dengan proyek infrastruktur skala besar juga merupakan risiko bagi investor China," kata Rebecca.

"Banyak yang percaya bahwa alasannya adalah karena lambatnya birokrasi lokal dalam konteks pandemi, tapi langkah ini juga datang dalam konteks ketegangan di perbatasan kedua negara," kata ODI konsentrasi.

Sejumlah proyek BRI ditangguhkan, tidak diperpanjang atau dihentikan karena tidak dapat memastikan standar lingkungan dan regulasi teknis yang disepakati dalam kontrak.

Satu proyek dibatalkan karena protes oleh orang-orang di Kyrgyzstan, yang memiliki pandangan negatif terhadap China dan investasi dari Beijing, menurut ODI.

Baca Juga: Situasi Rumit di Myanmar, Sudah Jatuh ke Tangan Militer, Negara Tersebut Terancam Jatuh ke Tangan China, Negara-Negara Barat Pun Juga Makin Membuatnya Tersiksa

Di Australia, Komisi Penilai Investasi Asing memblokir investasi dari anak perusahaan Baotou Iron and Steel Group (China) di Australia sebuah langkah yang melindungi kepentingan nasional.

Mengenai apakah proyek yang tertunda akan terus beroperasi.

Yue Cao, peneliti risiko dan pemulihan global, dari ODI, mengatakan bahwa pandemi akan meningkatkan biaya proyek karena pembatasan perjalanan dan kemajuan tertunda.

Yue juga mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan China dan Bank Pembangunan negara ini telah memiliki kebijakan khusus untuk mendukung proyek BRI serta perusahaan China yang beroperasi di luar negeri.

"Berdasarkan semua ini, kami pikir proyek yang tertunda akan terus berjalan," kata peneliti ODI itu.

Namun, Yue mengatakan bahwa pandemi Covid-19 secara tidak langsung akan meningkatkan risiko proyek BRI pada tahap awal pembangunan, karena memburuknya kondisi makroekonomi di negara tuan rumah.

"Mempertimbangkan skenario ini, proyek-proyek yang tertunda kemungkinan tidak dapat dilanjutkan," kata Yue.

Artikel Terkait