Advertorial

Selain Titanic, Inilah 5 Kapal Raksasa yang Karam dan Jadi Kuburan Air, Salah Satunya Ditemukan Berton-ton Koin Emas dan Perak

Nieko Octavi Septiana
,
Tatik Ariyani

Tim Redaksi

Kapal yang karam selalu identik dengan kisah Titanic, ternyata selain itu, ada 5 kapal luar biasa lain yang berakhir sebagai kuburan air.
Kapal yang karam selalu identik dengan kisah Titanic, ternyata selain itu, ada 5 kapal luar biasa lain yang berakhir sebagai kuburan air.

Intisari-Online.com -Untuk sebagian besar sejarah manusia, dominasi maritim menjadi perhatian utama bagi kekuatan-kekuatan utama dunia.

Mengingat keterbatasan teknologi yang ada pada zaman dulu, air benar-benar satu-satunya metode untuk mencapai satu benua ke benua lain.

Jelas, ini menyebabkan banyak konflik di antara bangsa-bangsa, dan lebih dari beberapa kapal menemukan jalan mereka ke 'kuburan air'.

Bicara tentang kapal karam, pikiran kita secara otomatis akan memikirkan Titanic, tapi ternyata ada beberapa kapal karam lainnya.

Baca Juga: Temui 6 Kapal Perang Terbesar di Dunia dari Jepang hingga Rusia

Beberapa dari kapal karam ini telah ditemukan dan diubah menjadi tempat untuk studi sejarah atau rekreasi.

HMHS Britannic

Titanic ternyata memiliki kapal saudara, Britannic. Kapal ini sebenarnya dibangun oleh perusahaan yang sama dengan Titanic - White Star Line.

Britannic dibangun setelah tenggelamnya Titanic yang "tidak dapat tenggelam".

Baca Juga: Wow, Ada Tiket Gratis Naik Kapal Laut Menuju 18 Pulau, Syaratnya? Lahir pada 1 Juli

Jelas, beberapa perubahan harus dilakukan untuk membuatnya tahan terhadap reputasinya.

Beberapa sekoci tambahan plus lambung bertulang di sekitar ruang ketel, ruang engine, dan wilayah lain yang rentan terhadap gunung es yang dibuat untuk penambahan yang cerdas.

Ketika selesai,Britannic bahkan lebih besar dari Titanic danmenjadi kapal pesiar yang sangat baik.

Hanya ada satu masalah kecil - perang dunia telah dimulai danBritannicdiminta oleh pemerintah untuk digunakan sebagai kapal rumah sakit.

Berbeda dengan Titanic,Britannicbertahan selama setahun sebelum tenggelam dan, dalam pembelaannya, dijatuhkan oleh tembakan musuh.

Sebagian besar penumpangnya berhasil keluar hidup-hidup, dari 1.000 orang di dalamnya, ada 30 atau lebih yang meninggal.

Jacques Cousteau menemukan bangkai kapal itu beberapa dekade kemudian dan agak terkejut menemukannya dalam kondisi luar biasa.

Selama tahun 90-an dan 2000-an, banyak ekspedisi untuk mengunjungi dan memfilmkan kecelakaan itu.

Baca Juga: Berani Menyusup Perairan Indonesia, Kapal Selam Asing Harus Berakhir dengan Bombardir Oleh KRI Samanhudi

RMS Lusitania

Lusitania memiliki kemiripan yang lebih kuat dengan Britannic, juga tenggelam selama Perang Dunia I.

Pada tahun 1915, RMS Lusitania ditenggelamkan oleh U-boat Jerman, yang menyebabkan kehebohan besar.

Jerman dituduh melanggar hukum internasional dengan menembak tanpa peringatan pada kapal non-militer.

Mendorong peristiwa itu lebih jauh ke zona abu-abu resmi, Inggris telah menggunakan Lusitania untuk mengangkut amunisi perang dengan harapan bahwa Jerman tidak akan menyerang itu, yang juga merupakan pelanggaran hukum perang internasional.

Saat ini, Lusitania dapat ditemukan di dekat mercusuar di Kinsale, berbaring di sisi kanannya.

Sayangnya Lusitania sudah mengalami kerusakan parah. Para ahli memperkirakan bahwa, pada tingkat ini, tidak akan lama sampai kapal menjadi jompo sehingga runtuh dengan sendirinya.

Baca Juga: (Video) Bukannya Panik, Band Ini Justru Reka Ulang Film Legendaris Titanic Saat Mall Diserang Banjir, Caranya Unik

Nuestra Señora de Atocha

Mari kita sedikit lebih jauh ke masa lalu ke era kapal bajak laut dan harta karun legendaris.

Nuestra Señora de Atocha (Our Lady of Atocha) adalah kapal hadiah dari armada Spanyol yang mengangkut salah satu harta karun terbesardalam sejarah maritim.

Semua ini terjadi pada tahun 1622. Atocha seharusnya melakukan perjalanan dari Havana ke Spanyol, membawa muatan emas, perak, permata, permata, tembakau, tembaga dan hal-hal lain yang benar-benar bernilai selama masa itu.

Di tengah perjalanan, Atocha menghadapi badai yang merusak lambung kapal.

Mungkin tidak mengherankan bahwa pihak berwenang tidak terlalu peduli tentang nyawa yang hilang begitu banyak seperti kekayaan yang tenggelam.

Selama bertahun-tahun, Spanyol mengirimkan beberapa kapal untuk memulihkan kargo yang berharga.

Sementara mereka berhasil memulihkan sebagian besar kargo di atas kapal Saint Margarita, kapal lain dari armada yang tenggelam, Atocha tetap hilang.

Itu semua berubah pada tahun 1985, ketika pemburu harta karun profesional, Mel Fisher menemukannya.

Tidak mengherankan, Fisher langsung mendapat perlawanan dari pihak lain yang ingin mengklaim harta yang sangat besar, khususnya Negara Bagian Florida.

Yang paling menakjubkan dari semuanya, adalah bahwa sterncastle, area kapal yang paling aman, masih belum ditemukan. Dengan demikian tempat harta paling berharga akan tetap tersimpan.

Baca Juga: Masih Ingat Kapal Titanic? Ini 12 Makanan Menakjubkan yang Dimakan di Atas Kapal Itu

Whydah Gally

Masih tentang bajak laut, "Black Sam" Bellamy. Bellamy adalah bajak laut yang bisa dibilang paling sukses.

Ia menenggelamkan atau menangkap sebagian besar kapal dan mengumpulkan kekayaan terbesar (sekitar 120 juta dolar dalam bentuk uang modern).

Namun, Bellamy tidak pernah menikmati rampokannya. Kapalnya, Whydah Gally, tenggelam saat badai besar tahun 1717, membawa Bellamy, sebagian besar krunya dan semua harta karun turun bersamanya.

260 tahun kemudian, Whydah Gally ditemukan menggunakan peta situs reruntuhan tua yang dibuat oleh kapten yang awalnya menyelidiki kapal karam pada 1717.

Di lonceng kapal, ditemukan tulisan "The Whydah Gally 1716", menjadikan ini kapal bajak laut pertama yang diidentifikasi tanpa bayang-bayang keraguan.

Sejak itu, lebih dari 200.000 kepingan telah ditemukan, termasuk berton-ton harta dalam bentuk koin emas dan perak.

Baca Juga: Ingin Dimakamkan di Laut, Bajak Laut yang Taklukkan 400 Kapal Ini Temui Ajalnya Saat Bertempur

Queen Anne's Revenge

Meskipun hanya meneror lautan untuk waktu yang singkat, Queen Anne's Revenge berhasil masuk ke dalam buku-buku sejarah sebagai salah satu kapal paling menakutkan.

Status seperti itu datang sebagai hasil dari kapten kapal: Blackbeard. Pada 1717 bajak laut menggunakannya sebagai andalannya selama kurang dari satu tahun sebelum kandas, yang oleh sebagian orang dikatakan sebagai langkah yang disengaja.

Nasib Queen Anne's Revenge tetap menjadi misteri sampai tahun 1996, ketika bangkai kapal baru yang dianggap sebagai kapal terkenal itu ditemukan.

Namun, mengidentifikasinya secara positif sebagaiQueen Anne's Revenge butuh waktu lama.

Ribuan artefak ditemukan dari bangkai kapal, tetapi tidak satupun dari mereka memberikan bukti definitif terhadap identitas tunggalnya.

Baca Juga: Angkut Pesawat Tempur, Kapal Induk Charles De Gaule Perancis Berlayar Dekat Perairan Aceh, Ada Apa?

Bahkan, tidak sampai 2011 bahwa National Geographic Society merasa cukup percaya diri untuk mengkonfirmasi kapal sebagai Pembalasan Ratu Anne.

Pemulihan artefak masih berlangsung.

Masih belum ada bukti konklusif untuk mengatakan bahwa kapal itu 100 persen adalah Queen Anne's Revenge,tetapi lokasi kapal karam yang dikombinasikan dengan asal-usul artefak sudah cukup untuk membenarkan identifikasi.

Artikel Terkait