Advertorial
Intisari-Online.com - Peristiwa hilangnya uang dalam rekening tabungan milik nasabah tiga kantor BRI di Kabupaten Kediri menjadi sebuah tanda tanya besar.
Masalahnya, uang tabungan yang raib mulai dari ratusan ribu hingga Rp 10 juta.
Anda sebaiknya mulai lebih waspada lagi dalam mengawasi tabungan Anda dan belajar dari kasus ini.
Lalu, bagaimana jadinya jika uang di tabungan Anda juga mengalami hal yang serupa yaitu berkurang secara misterius?
(Baca Juga:Budi Hartono, Orang Terkaya Indonesia 2018 Ini Pernah Hampir Bangkrut Tapi Tidak Pernah Menyerah)
(Baca Juga:Aneh, Uang Tabungan Milik Sejumlah Nasabah BRI Berkurang Secara Misterius)
Intisari menghubungi salah seorang petugas customer service di BRI Unit Boyolali untuk mengkonfirmasi hal ini.
Menurutnya, ada 8 langkah yang harus Anda lakukan :
1. Hubungi Call Center BRI di nomor resmi 14017 atau (021) 1500017.(Baca Juga:Melalui Ramalan Jayabaya, Sultan Hamengku Buwono IX Sudah Memprediksi Datangnya Kemerdekaan RI)2. Laporkan via telepon untuk pemblokiran ATM sementara.
3. Datang ke kantor BRI terdekat dengan membawa buku tabungan dan lakukan cetak buku tabungan.
4. Lakukan pencetakan rekening koran selama beberapa bulan terakhir, khususnya bulan Anda menyadari adanya transaksi mencurigakan.
5. Konsultasikan dengan petugas Customer Service BRI.
6. Petugas akan membantu Anda memeriksa transaksi tersebut dan akan membuat tiket pengaduan.
7. BRI bisa melacak apakah transaksi itu menggunakan mesin ATM, internet banking, atau mobile banking.
8. Apabila kesalahan berada di pihak BRI, maka BRI akan mengganti seluruh uang nasabah yang hilang secara misterius.
Oleh sebab itu, petugas juga menyarankan untuk para nasabah menjaga keamanan rekening masing-masing.
Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mendaftarkan rekening tabungan ke SMS Banking.
Dengan fasilitas SMS Banking, maka nasabah akan selalu mendapat pemberitahuan setiap transaksi yang terjadi atas rekening tersebut.
Dengan begitu, nasabah bisa lebih waspada jika menerima pemberitahuan tanpa ada transaksi yang dilakukan.
Anda juga dilarang memberi tahu data perabankan Anda, termasuk PIN ATM dan PIN Token Internet Banking pada siapa saja karena akan sangat berbahaya bila bocor.
Untuk keamanan ekstra, Anda sebaiknya juga rutin mengganti PIN ATM selama beberapa bulan sekali, untuk menghindari skimming.
Dugaan sementara atas kasus ini adalah terjadi skimming atau penyadapan data kartu ATM pada beberapa nasabah BRI.
(Baca Juga:Benarkah Emoji Ini Bukan Berarti Berdoa? Lalu Apa Arti Sebenarnya dari Emoji Ini?)