Advertorial
Intisari-Online.com - Siapa yang tahu suatu hari ketika mengakses World Wide Web berpotensi menempatkan Anda pada kategori tertentu?
Dikutip dari iflscience.com ini adalah sebuah penelitian bagian dari buku yang berjudul Researching Everday Childhoods.
Penelitian tersebut melakukan wawancara dengan remaja berusia antara 10 dan 15 untuk menyelidiki bagaimana mereka menggunakan media sosial.
Hasilnya terdapat 4 tipe pengguna internet, Anda dapat mengidentifikasi sendiri termasuk tipe yang manakah diri Anda?
BACA JUGA:Wanita Ini Lakukan Terapi dengan Cara Menggigit Pasiennya! Pelanggannya Artis-artis Hollywood
1. Victim
Dari empat kategori yang diidentifikasi dalam penelitian tersebut, Korban mungkin yang paling tidak diinginkan.
Korban adalah mereka yang sangat terlihat secara online, karena perbuatan orang lain, misalnya materi pribadi yang mungkin telah dibagikan orang lain tanpa izin.
Korban cenderunng ditandai dengan gambar yang tidak menyenangkan, atau bahkan foto privasi yang dibagikan secara online oleh orang lain.
2. Lurkers
Mereka yang digambarkan sebagai Lurkers cenderung menutupi aktifitasnya di platform sosial.
Mereka menghindari konfrontasi antara teman sebaya namun tetap melakukan aktivitas yang menyenangkan.
Lurkers menikmati, diam-diam mengintai selebriti favorit atau orang yang dikagumi secara online.
3. Geek
BACA JUGA:Mengerikan, Dokter Forensik Jerman Sebut 100 Orang Harus Meregang Nyawa Gara-gara Masturbasi
Orang-orang ini suka berbagi pos yang berkaitan dengan minat dan kesukaan mereka, seperti band favorit, quote yang menggambarkan keadaan dirinya, dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya.
Dalam studinya para peneliti juga menemukan orang dengan tipe Geek lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk mengerjakan sebuah proyek.
Hal tersebut menyebabkan perhatian orang tua terhadap perilaku obsesif atau adiktif mereka.
4. Selebriti Internet
Kita semua pasti mengetahui ada orang yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk eksis di Instagram atau suka berbicara dengan dunia melalui sebuah vlog, ya selebriti internet.
Pengguna internet ini sangat menghargai visibilitas diri, mempromosikan diri mereka dengan menggunakan Instagram, Snapchat, Selfies, dan Vlog di YouTube.
Pengguna ini khas dengan karakter kewirausahaan dari apa yang mereka lakukan yang dapat memberikan keuntungan secara ekonomi.
BACA JUGA:F-5 Tiger TNI AU yang Akan Diganti Oleh Su-35 Ternyata Suka ‘Mogok’ di Udara, Kok Bisa?