Advertorial

Jika Ingin Aman, Jangan Lakukan 9 Hal Ini Pada Pekerjaan Pertama Anda

Tatik Ariyani

Editor

Ada hal-hal yang harus dihindari saat pertama kali bekerja.
Ada hal-hal yang harus dihindari saat pertama kali bekerja.

Intisari-Online.com - Orang yang barusaja lulus dari perguruan tinggi atau sering disebut Fresh Graduate kembali memasuki tantangan baru saat mendapatkan pekerjaan pertama.

Meskipun Anda telah banyak mendapat ketrampilan dari pendidikan yang Anda tempuh sebelumnya, namun tak jarang masih melakukan kesalahan pada pekerjaan pertama kita.

Aol.com membuat 9 daftar kesalahan yang harus Anda hindari dalam pekerjaan pertama Anda agar kita lebih siap dalam bekerja:

1. Tidak memahami dampak dari kesalahan Anda

BACA JUGA:Alih-alih Membuat Bahagia, 6 Pekerjaan Ini Justru Membuat Orang Kesepian. Kok Bisa?

Anda mungkin sebelumnya telah melakukan kesalahan pada pekerjaan yang berdampak lebih luas dan orang lain juga bergantung kepada Anda.

Anda perlu segera bertanggung jawab atas kesalahan yang Anda buat.

2. Tidak punya cukup hubungan kerja

Bagi orang yang pekerjaannya hanya berada di depan layar komputer, mungkin ia akan susah bersosialisasi.

Namun, dengan pergi untuk minum kopi dengan rekan kerja bisa sangat membantu menjalin hubungan kerja yang suatu saat nanti Anda akan rasakan manfaatnya.

3. Meremehkan pentingnya menemukan mentor

BACA JUGA:Kasihan! Punya Nama Saddam Hussein, Insinyur Ini Kesulitan Mendapatkan Pekerjaan

Mentor disini adalah orang yang bisa membimbing Anda untuk memulai pekerjaan.

Penting untuk menemukan mentor di hari pertama sehingga pekerjaan dan kehidupan Anda di kantor baru bisa lebih terarah.

4. Menunda pekerjaan

Bos Anda tak akan mau mengerti dengan alasan Anda tidak mengerjakan pekerjaan tepat waktu, bahkan untuk mendapatkan perpanjangan waktu-pun, itu mustahil untuk dikabulkan.

BACA JUGA:Wahai Pria, Berhati-hatilah! Pekerjaan Anda Akan Segera Digantikan oleh Robot

Tanggung jawab Anda adalah memfokuskan pikiran pada pekerjaan Anda.

5. Memperlakukan atasan Anda seperti dosen Anda

Antara dosen dan atasan sama sekali berbeda.

Mungkin dosen bisa memberi tenggat waktu untuk tugas yang terlambat dikumpulkan, namun atasan tidak.

Dosen membantu Anda untuk belajar, sedangkan atasan membantu Anda untuk bekerja.

6. Tidak siap tampil

BACA JUGA:Butuh Uang Tambahan? Ayo Coba Salah Satu Pekerjaan Sampingan Bergaji Tinggi Ini

Karena menganggap rapat besar bukanlah ujian akhir, bukan berarti Anda tidak mempersiapkan diri sama sekali.

Justru sebagai karyawan baru, inilah waktu yang tepat untuk menunjukkan kemampuan Anda dan hindari membuang-buang waktu.

7. Tidak bekerja maksimal

Sebagai karyawan baru, inilah saat yang tepat untuk membuktikan kinerja Anda di dunia profesional.

BACA JUGA:10 Hal yang Dilakukan Orang Cerdas di Akhir Pekan, Tidak Ada Satu pun yang Terkait Pekerjaan

Anda harus menantang diri untuk menyelesaikan pekerjaan yang Anda pikir tidak bisa melakukannya.

8. Menghindari masukan

Dalam kehidupan kerja, masukan (umpan balik) Anda dapatkan untuk memperbaiki kesalahan dan mendorong Anda untuk lebih maju.

Lebih baik meminta masukan dari setiap kerja yang Anda lakukan.

Hal itu akan membuat Anda menjadi semakin baik.

9. Menggunakan media sosial di kantor

BACA JUGA:Kebiasaan Menunda Pekerjaan akan Merepotkan Diri Sendiri, Kami Punya Solusinya!

Kecuali pekerjaan Anda berhubungan dengan media sosial, jangan pernah menggunakannya karena atasan Anda tidak akan senang.

Nah, dengan daftar kesalahan yang harus dihindari itu, kita bisa lebih berhati-hati pada saat bekerja untuk yang pertama kalinya.

BACA JUGA:Ingin Mendapatkan Pekerjaan Sesuai Passion Kamu? Lakukan 4 Jurus Berikut Ini

Artikel Terkait