Find Us On Social Media :

Uniknya Euphorbia, Dianggap Bisa Mendatangkan Rezeki dan Keberuntungan Serta Menolak Roh Jahat

By Moh Habib Asyhad, Senin, 18 September 2017 | 14:00 WIB

Intisari-Online.com – Tanaman pembawa rezeki dan keberuntungan. Begitulah julukan yang disandang euphorbia. Apa iya sih?

Seorang kawan berkelakar kalau tanaman euphorbia ini memang membawa rezeki dan keberuntungan.

Namun, bukan rezeki bagi si pembeli, tapi penjualnya. Terang saja kalau melihat meledaknya penjualan euphorbia akhir-akhir ini. Itu jelas rezeki bagi si penjual.

Ihwal mengapa tanaman ini dipercaya membawa keberuntungan bagi pembeli itu berasal dari bentuk bunganya yang seperti angka delapan.

Di kalangan masyarakat Cina angka delapan dipandang sebagai angka pembawa hoki.

(Baca juga: Obat Dulunya Pengusir Roh Jahat)

Namun, selain membawa simbol keberuntungan, bentuk bunga euphorbia itu sendiri memang unik: bundar mirip dua kipas yang disandingkan secara vertikal.

Di Cina euphorbia tak melulu ditanam tunggal dalam pot sebagai penghias teras. la juga dimanfaatkan sebagai elemen taman.

Lain di Cina, lain di Bangkok, Thailand. Masyarakat di Negeri Gajah Putih ini percaya kalau euphorbia bisa untuk menangkal roh jahat atau menolak bala.

Kepercayaan itu pun ikut berhembus sampai ke negeri kita. Jangan-jangan itu cuma gara-gara duri yang menempel di batangnya?

Bunga jadi daun

Meski digadang-gadang di Cina dan Bangkok,  asal mula euphorbia sesungguhnya dari Madagaskar dan Afrika. Namanya berasal dari nama ahli bedah asal Yunani, Euphorbus, tabib Raja Afrika Utara, Juba II.

Si tabib sering menggunakan getah euphorbia yang mirip cairan putih susu sebagai bahan dasar ramuan yang dibuatnya.