Find Us On Social Media :

Begitu Banyak Postingan yang Sebarkan Kebencian di Media Sosial, Begini Cara Menghadapinya!

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 17 September 2017 | 20:00 WIB

Intisari-online.com - Belakangan ini, ranah maya di media sosial semakin panas. Apalagi isu yang ditebarkan di media sosial menyinggung persoalan yang sangat sensitif.

Berbagai konten, mulai dari tulisan, gambar, video, dan komentar beredar di media sosial. Bahkan saking banyaknya, pengguna media sosial terjebak dalam riuhnya suasana di situ.

Terkadang sampai mengabaikan akal pikiran yang jernih.

(Baca juga: Saracen, ‘Pabrik’ Pembuat dan Penyebar Konten Ujaran Kebencian dan Berbau SARA dengan Tarif Puluhan Juta Rupiah)

Sebagai pengguna media sosial, kita adalah pelaku dan juga orang yang diterpa langsung oleh berbagai informasi berseliweran di dunia maya.

Hal ini berarti sebagai manusia yang masih memiliki akal dan pikiran kita dituntut untuk bijaksana di media sosial.

Sebab, kalau kita terlalu terlena akan ‘panasnya’ media sosial, lama-kelamaan kita juga termasuk salah satu penyebar kebencian tanpa kita sadari.

Isu-isu kontroversial memang menjadi santapan informasi yang hangat di media sosial. Mengapa disebut santapan? Karena kita memang hidup pada zaman di mana informasi menjadi konsumsi yang penting (dianggap penting, walau belum tentu penting).

Karena media sosial juga ranah yang bebas, kita juga terlibat dalam interaksi dan komunikasi dengan sesama warga dunia maya.

Sebenarnya kalau bicara informasi yang negatif, kebanyakan dampaknya adalah melelahkan dan membuat kita stres.

Sadar tidak sadar, begitulah kenyataannya. Apalagi jika kita terjebak dalam interaksi yang tidak harmonis dengan teman-teman di media sosial.

Tujuan awal media sosial adalah menciptakan suasana sosial yang positif, bukan negatif.

Sehingga setiap postingan NEGATIF yang disebarkan di media sosial sudah pasti mengganggu banyak pihak.  Lalau bagaimana caranya menghadapi berbagai postingan yang mengganggu itu?