Find Us On Social Media :

Waspada, Ada Infeksi Mengintip Saat Groupfie

By Agus Surono, Sabtu, 16 September 2017 | 19:00 WIB

Intisari-Online.com – Swafoto sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari perilaku masyarakat kita.

Bahkan di tempat-tempat yang sudah ada larangan pun kita masih nekat untuk melakukan swafoto, baik sendiri atau ramai-ramai.

Memang menyenangkan dan bisa menjadi pengingat. Namun tahukah Anda bahwa kita bisa terkena infeksi begitu tombol rana ditekan?

Berikut adalah lima infeksi yang mungkin bisa menular ke kita seperti dirangkum oleh healthsite.com.

Konjungtivitis

Ya! Terkadang saat mata tidak sepenuhnya merah kita mungkin akan terjangkit infeksi ini dari orang lain saat berfoto bersama orang yang terinfeksi.

Konjungtivitis adalah peradangan atau pembengkakan konjungtiva. Konjungtiva adalah lapisan tipis transparan jaringan yang melapisi permukaan bagian dalam kelopak mata dan menutupi bagian putih mata. Infeksi virus atau bakteri dapat menyebabkan konjungtivitis.

(Baca juga: Inilah Penyebab dan Cara Mengobati Mata Merah)

Kudis

Kita mungkin tidak tahu bagian tubuh mana yang dari teman kita yang terkena kudis. Kontak berdekatan saat mengambil foto bersama bisa menginfeksi kita dengan kuman penyebab kudis.

Kudis bukanlah infeksi, tapi serbuan. Tungau yang kecil sekali yang disebut Sarcoptes scabiei menggerombol di lapisan luar kulit manusia. Kulit tidak ramah terhadap invasi. Ketika tungau membuat liang dan bertelur di dalam kulit, serbuan itu menyebabkan gatal tanpa henti dan ruam yang merah.

Demam dan flu