Find Us On Social Media :

Jantung Putri Joanna Alexandra Bocor: Operasi Jantung Bocor Bisa Pakai BPJS, Tapi...

By Mentari DP, Rabu, 14 November 2018 | 14:15 WIB

Intisari-Online.com – Dalam sebuah acara televisi, aktris Joanna Alexandra menceritakan bahwa putrinya, Ziona Eden, lahir dengan beberapa kelainan atau penyakit bawaan.

"Jadi Zio itu waktu lahir itu kelainannya ada beberapa. Jadi dia lahir ada kakinya bengkok ke dalem, atau club foot,” tutur Joanna seperti dilansir Grid.id pada Rabu (14/11/2018).

“Terus jantungnya juga ada bolong sekitar 4,5 mili.”

Namun perlahan, Zio sudah mulai pulih.

Baca Juga : Jantung Putri Joanna Alexandra Bocor: Hati-hati, Gejala Jantung Bocor Tak Selalu Ditandai Tubuh yang Membiru

Kakinya yang bengkok ke dalam sudah mulai bisa kembali normal pun jantungnya yang berlubang juga mulai menutup.

Apa itu penyakit jantung bocor?

Kelainan struktur jantung yang menyebabkan adanya lubang pada sekat jantung atau lazim disebut jantung bocor termasuk dalam penyakit jantung bawaan yang banyak diderita anak-anak.

RS Jantung Harapan Kita mencatat, dari 1.000 kelahiran terdapat 9 bayi yang menderita penyakit jantung bawaan (PJB).

Proses pembentukan jantung janin terjadi pada masa awal pembuahan (konsepsi), bahkan sebelum si ibu sadar dirinya tengah hamil.

Formasi jantung ini telah sempurna pada akhir masa trimester pertama kehamilan. Pada kasus jantung bocor, sirkulasi darah kotor mengalir ke sirkulasi darah bersih sehingga bayi menjadi biru.

Bila terlalu banyak darah kotor beredar ke sirkulasi darah bersih dan memasuki organ-organ penting seperti otak, maka bisa terjadi sesak napas, disertai kejang, bahkan kematian.

Baca Juga : Jantung Bocor Seperti yang Dialami Putri Joanna Alexandra Sebenarnya Masih Bisa Dicegah, Ini Caranya!