Find Us On Social Media :

Jantung Putri Joanna Alexandra Bocor: Hati-hati, Gejala Jantung Bocor Tak Selalu Ditandai Tubuh yang Membiru

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 14 November 2018 | 13:15 WIB

Intisari-Online.com – Ziona Eden, putri dari aktris Joanna Alexandra lahir dengan beberapa kelainan atau penyakit bawaan.

"Jadi Zio itu waktu lahir itu kelainannya ada beberapa. Jadi dia lahir ada kakinya bengkok ke dalem, atau club foot. Terus jantungnya juga ada bolong sekitar 4,5 mili," tutur Joanna seperti dilansir dari Grid.id.

Perlahan, Zio sudah mulai pulih. Kakinya yang bengkok ke dalam sudah mulai bisa kembali normal pun jantungnya yang berlubang juga mulai menutup.

Khusus mengenai jantung bocor, ada beberapa tanda-tanda yang bisa Anda lihat secara kasat mata.

Baca Juga : Jantung Bocor Seperti yang Dialami Putri Joanna Alexandra Sebenarnya Masih Bisa Dicegah, Ini Caranya!

Jika berat badan balita Anda susah naik, berhati-hatilah. Siapa tahu ia menderita kelainan jantung bawaan. Pemeriksaan dini dan tindakan tepat dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kita tahu, jantung merupakan pompa berotot yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Dulu Aristoteles mengira, jantung memiliki tiga ruangan karena ia memeriksa jantung katak dan kadal. Namun, seperti yang sudah pernah kita pelajari di bangku sekolah, di dalam jantung ada empat ruang.

Di sebelah atas ada serambi kanan dan kiri, di bagian bawah ada bilik kanan dan kiri juga.  Serambi berdinding tipis dan sempit, sedangkan bilik sebaliknya. Antara serambi dan bilik ada katup searah yang menjaga agar darah yang  sudah berpindah tidak berbalik arah.

Baca Juga : Jantung Putri Joanna Alexandra Bocor: Tanda-tanda Bayi Lahir dengan Penyakit Jantung Bawaan, Salah Satunya Tak Menangis saat Lahir

Sebagai pompa, jantung bekerja tanpa lelah. Melalui bilik kiri ia memompakan darah dari paru-paru yang kaya oksigen ke seluruh tubuh.

Setelah darah mengirimkan oksigen yang diperlukan tubuh, ia berkumpul di serambi kanan untuk seterusnya masuk bilik kanan. Dari sini darah kotor tadi dipompa ke paru-paru untuk dibersihkan.

Begitulah siklus normal jantung yang terlihat monoton tapi sebentar berhenti saja bikin kita kelimpungan.