Find Us On Social Media :

Sebelum atau Sesudah Makan? Inilah Waktu Terbaik untuk Makan Buah

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 14 November 2018 | 12:00 WIB

Intisari-Online.com – Agar mendapatkan manfaat yang maksimal bagi kesehatan, bagaimana cara mengonsumsi buah yang benar? Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc., MS.SpGK, Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran UI, menjawab pertanyaan tersebut berikut ini.

Konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia masih terbilang sangat rendah. Bahkan hampir seratus persen masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi dua jenis makanan sehat ini.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2008 menyebut, 93,6% masyarakat usia di atas 10 tahun kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Padahal, dianjurkan minimal mengonsumsi sebanyak lima porsi buah dan sayur dalam sehari. Dua porsi buah kurang lebih 250 gram dan tiga porsi sayur kurang lebih 400 gram.

Baca Juga : Beda Warna Pada Buah Pisang Ternyata Beda Kandungan Gizinya, Ini Penjelasannya

Buah dan sayur merupakan salah satu bagian dalam piramida makanan. Itu berarti manusia sangat memerlukan konsumsi buah dan sayur setiap harinya.

Bila mana buah dan sayur ini tidak terpenuhi secara maksimal, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan, di antaranya gangguan pencernaan dan munculnya risiko penyakit degeneratif, seperti diabetes, jantung koroner, dan hipertensi.

Buah merupakan jenis makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi, di antaranya serat yang tinggi, berbagai vitamin (A, C, dan E), kalium, asam folat, betakaroten, potasium, zinc, dan magnesium.

Bahkan, dalam buah juga terdapat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Agar kandungan nutrisi baik tersebut tidak hilang dan dapat optimal bagi tubuh, maka makan buah perlu dilakukan di saat yang tepat.

Baca Juga : Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Makan Satu Buah Pisang Setiap Hari

Kebiasaan makan kebanyakan orang biasanya diawali dengan menu utama, kemudian diakhiri dengan makan buah.

Sebenarnya tidak ada aturan yang pasti kapan makan buah yang benar, baik sebelum makan atau sesudah makan.

Perlu diketahui dan paling penting adalah makan buah dilakukan di saat yang tepat, entah itu saat pagi, siang, atau malam hari.