Find Us On Social Media :

Dari Pankreas Rusak hingga Insulin Seumur Hidup, Inilah Hal yang Wajib Diwaspadai jika Air Kencing Anak Dikerubuti Semut

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 14 November 2018 | 17:00 WIB

Intisari-Online.com – Diabetes atau sering disebut “kencing manis” cuma masalahnya orang dewasa? Oh tidak. Siapa pun dia dan berapa pun umurnya, bisa terkena.

Bahkan belakangan diabetes semakin sering ditemukan pada anak-anak. Salah satu cara mudah mengetahuinya, meski harus ditindaklanjuti pemerikaan medis, air kencingnya dikerubuti semut.

Simak tulisan Febriana Firdaus, seperti pernah dimuat di Majalah Intisari Health 2016, berikut ini.

Salah satu diabetesi anak adalah Mohamad Firas. Ketika masih duduk di kelas 2 SMP, ia bermasalah dengan kesehatannya. Berat badannya terus turun meskipun nafsu makannya tinggi.

Baca Juga : Tangan dan Kaki Anda Dingin? Waspadai Peredaran Darah Buruk hingga Diabetes Sebagai Penyebabnya

Makannya banyak, minumnya juga banyak karena cepat merasa lapar dan haus. Malam hari, ia sering harus bangun dari tidur untuk buang air kecil.

Firas beruntung orangtuanya cukup tanggap. Ia segera diantar ke dokter yang segera mengenali penyakitnya itu. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, ia dinyatakan menderita diabetes melitus (DM) tipe 1.

Saat itu keluarganya cuma bisa heran, anak kok divonis diabetes. Dipikirnya selama ini diabetes cuma diderita orang dewasa.

Nasib Firas juga bisa diderita anak-anak lain. Mungkin saja sebagian dari mereka tidak segera mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga : Memasak Nasi dengan Minyak Kelapa Dapat Turunkan Risiko Diabetes, Begini Cara Membuatnya

Pankreas rusak

Mari kita kenali dulu si DM ini. Berdasarkan jenisnya, ia dikelompokkan menjadi tipe-1, tipe 2, tipe Iain-lain, dan DM gestasional. Orang dewasa biasanya terkena DM tipe 2, yang muncul karena hormon insulin (pengatur kadar gula darah) tidak berfungsi normal.

Pada DM tipe-1, masalahnya lebih mendasar lagi. Hormon insulin tidak diproduksi lagi karena pankreas (pabriknya insulin di tubuh) rusak permanen. Diabetes tipe ini biasanya dijumpai pada anak-anak.