Find Us On Social Media :

Ingin Memutarbalikan Tanda-tanda Penuaan? Maka Menarilah!

By Ade Sulaeman, Kamis, 7 September 2017 | 09:00 WIB

Intisari-Online.com – Seiring bertambahnya usia, kita mengalami penurunan kebugaran mental dan fisik. Bahkan beberapa orang diperburuk dengan menderita penyakit penuaan seperti Alzheimer.

Namun sekarang tidak perlu khawatir lagi. Ada cara baru untuk membalikkan tanda-tanda penuaan di otak.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Human Neuroscience, orangtua yang rutin berolahraga fisik dapat membalikkan tanda-tanda penuaan di otak.

“Olahraga memiliki efek menguntungkan untuk memperlambat atau bahkan menangkal penurunan kapasitas mental dan fisik terkait usia,” ucap Dr. Kathrin Rehfeld, penulis utama studi ini dilansir dari sciencedaily.com.

“Dalam penelitian ini, kami menunjukkan bahwa ada jenis latihan fisik yang meningkatkan area otak yang menurun seiring bertambahnya usia.”

“Dua jenis latihan fisik itu adalah latihan menari dan ketahanan.”

“Namun sebagai perbandingan, hanya menari yang mengarah pada perubahan perilaku yang nyata dalam hal peningkatan keseimbangan.”

Dalam studi ini, pesertanya adalah relawan lansia, dengan rata-rata berusia 68 tahun.

Mereka lalu diminta untuk belajar dan menjalani kursus latihan tari selama 18 bulan setiap minggu dan pelatihan ketahanan serta fleksibilitas.

Hasilnya, kedua kelompok menunjukkan adanya peningkatan di daerah hippocampus otak, kawasan yang rentang terhadap penurunan usia dan penyakit Alzheimer.

Mereka yang berada di kelompok tari memiliki rutinitas menari berbagai genre, seperti Jazz, Square, Latin-American, dan Line Dance.