Find Us On Social Media :

Setelah Minum Obat Kok Malah Makin Sakit? Begini Penjelasannya

By Moh Habib Asyhad, Selasa, 5 September 2017 | 07:00 WIB

Intisari-Online.com - Apakah Anda pernah mengalami keadaan di mana sudah minum obat tapi merasa obat tersebut tidak bekerja di tubuh Anda?

Bahkan, lama-lama obat tersebut justru membuat Anda sakit dan tambah tidak enak badan.

Bila iya, mungkin Anda melakukan beberapa hal yang tanpa sadari membuat obat yang seharusnya mengobati Anda malah menjadi tidak bekerja di tubuh Anda.

(Baca juga: Wanita Ini Tewas Setelah Berhubungan Seks dengan Kekasihnya yang Baru Saja Minum Obat Pembesar Penis)

Kondisi seperti ini mungkin saja terjadi. Tidak banyak yang tahu memang kalau obat yang Anda minum bisa saja membuat Anda justru semakin sakit.

Itu sebabnya, untuk memastikan bahwa obat-obatan yang Anda konsumsi bekerja dengan aman dan efektif, Anda harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kemanjuran obat tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang jadi penyebab obat yang Anda konsumsi justru membuat Anda sakit:

1. Resep obat baru

Efek samping dari obat-obatan memang bisa terjadi kapan saja.

Namun, kemungkinan akan lebih besar terjadi saat Anda mencoba obat baru atau pun mengganti dosis dari obat yang sebelumnya Anda konsumsi.

Itu sebabnya, sebelum minum obat, Anda harus menanyakan dulu efek samping yang ditimbulkan kepada dokter ataupun apoteker.

Pasalnya, obat seperti antibiotik ada yang menyebabkan mual-mual yang ditimbulkan tidak serius dan masih bisa ditangani.

Beberapa obat lainnya juga akan memberikan efek samping yang mungkin berlangsung lama. Misalnya, obat tekanan darah yang bisa menyebabkan Anda batuk-batuk.