Find Us On Social Media :

Sedang Batuk? Tak Perlu ke Apotek, Cukup ke Dapur untuk Cari Obatnya

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 10 November 2018 | 15:00 WIB

Intisari-Online.com – Sebagai salesman piranti lunak, batuk menjadi musuh nomor satu bagi pria ini. Bagaimana mau menjelaskan produk dengan lancar jika suara batuk sering menginterupsi.

Terlebih di pagi hari yang cukup mendung dan menjelang pertemuan dengan klien. Beruntunglah, di dapur ia dapat menemukan bahan-bahan pelenyap batuk.

Simak yang disarikan dari tulisan Lucie Widowati, peneliti di Puslitbang Biomedis dan Farmasi Depkes RI, yang pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Februari 2007 berikut ini.

Batuk memang menjengkelkan. Tapi batuk sesungguhnya mekanisme alami tubuh untuk  mengeluarkan segala sesuatu yang mengganggu saluran pernapasan, seperti lendir atau benda asing lainnya.

Baca Juga : 4 Cara Mengobati Batuk Pada Anak, Salah Satunya dengan Uap Panas!

Ketika zat asing  mencapai salah satu perangsang batuk pada hidung atau tenggorokan, perangsang itu akan menyampaikan pesan ke pusat batuk di otak dalam waktu sepersekian detik, yang kemudian memberi sinyal supaya tubuh melakukan batuk.

Gejala ini dapat diakibatkan oleh gangguan cuaca seperti udara dingin, angin kencang, hujan, atau perubahan suhu udara.

Asap rokok yang berisi campuran partikel dan gas juga bisa bikin batuk. Pada tiap hembusan asap rokok terdapat 10 - 14 senyawa radikal bebas, yaitu hidroksida (OH).

Sebagian besar senyawa radikal bebas ini akan sampai di alveolus waktu menghisap rokok. Senyawa ini jugalah yang dapat menyebabkan terpaparnya perokok pasif terkena batuk atau bahkan kanker paru-paru.

Baca Juga : Minum Ramuan Madu dan Bawang Merah Setiap 2 Jam, Batuk Parah pun Bisa Segera Sembuh

Batuk dapat pula timbul akibat infeksi, misalnya oleh virus flu. Serangan ini umumnya berlangsung sampai dua minggu, bahkan bisa lebih lama.

Penyebab batuk lainnya yang bisa berlangsung sepanjang hidup adalah alergi. Selama pencetus alergi tidak diatasi, batuk tetap akan bercokol.

Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau alergi. Keadaan yang paling parah yaitu batuk karena penyakit tuberkulosis (TBC), bahkan juga bisa berasal dari keadaan yang paling serius, yaitu kanker paru-paru.