Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Kenapa Diabetes Disebut sebagai ‘Ibu dari Berbagai Penyakit’

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 3 September 2017 | 11:00 WIB

Intisari-Online.com - Tahukah Anda bahwa diabetes adalah ibu dari segala penyakit?

Ya, diabetes atau biasa disebut dengan kencing manis merupakan penyakit yang dapat memengaruhi banyak organ dalam tubuh Anda.

Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes dapat menyebabkan banyak komplikasi diabetes.

(Baca juga: Suka Konsumsi yang Manis Tapi Takut Diabetes? Ganti Gula Anda dengan Gula Kayu)

Hubungan antara kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol

Kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol tinggi, ketiganya menjadi ‘biang’ yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Jika Anda menderita diabetes dan Anda tidak mengontrol penyakit Anda, Anda lebih mungkin untuk mengalami tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi.

Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan peningkatan penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah.

Penumpukan lemak ini dapat memengaruhi aliran darah, serta juga dapat meningkatkan risiko penyumbatan dan pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis).

Aterosklerosis ini kemudian dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Selain menyebabkan tekanan darah tinggi, diabetes juga dapat memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Diabetes cenderung dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik.

Komplikasi yang bisa ditimbulkan oleh diabetes

Diabetes disebut sebagai ibu dari berbagai penyakit karena diabetes bisa menjadi penyebab dari banyak komplikasi penyakit, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit pada mata, penyakit pada kaki, penyakit saraf, dan masih banyak lagi lainnya.