Find Us On Social Media :

Waspadalah, 60 Persen Sikat Gigi Mengandung Bakteri!

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 1 September 2017 | 19:40 WIB

Intisari-Online.com – Waspadalah, sekitar 60 persen sikat gigi yang diletakkan bersama di kamar mandi mengandung bakteri fecal. Itu adalah bakteri yang berpindah dari kotoran anus ke mulut.

Mengerikan, bukan? Tetapi jangan khawatir, karena sekarang ada teknologi yang bisa membasmi bakteri tersebut.

(Baca juga: Gantilah Sikat Gigi Anda 3 Bulan Sekali, Ini Alasannya)

Sebuah perusahaan teknologi di Amerika mengklaim telah menciptakan alat baru untuk membasmi 99,9 persen bakteri yang ada di sikat gigi.

Start-up yang diberi nama Puretta ini dirancang sebagai sebuah wadah sikat gigi yang bisa membersihkan alat pembersih gigi tersebut.

Wadah ini dilengkapi dengan sebuah cahaya ultraviolet setingkat pengobatan medis.

Produk dari plastik ini bisa menyimpan 4 buah sikat gigi, sebuah alat pencukur, sebuah tube pasta gigi, serta tiga pak benang pembersih gigi.

Wadah yang bisa digantung di dinding kamar mandi ini akan dipasarkan mulai November 2017 mendatang.

Bakteri dari gerakan di perut dapat berpindah ke sikat gigi ketika air toilet memancar keluar dari mangkuk toilet saat disiram.

Sebuah penelitian pada 2015 mengungkapkan bahwa 60 persen sikat gigi yang diletakkan di kamar mandi bisa terkena bakteri fecal itu. Hal ini tergantung pada cara yang digunakan untuk menyimpannya.

Sekitar 80 persen kemungkin perpindahan bakteri itu justru bukan dari pemilik sikat gigi itu sendiri.

Hal itulah yang membuat Anda beresiko terkena infeksi, bila sikat gigi Anda berdekatan dengan sikat gigi orang yang membawa bakteri tersebut. Meskipun demikian, ini tidak sebahaya itu bila bakteri itu menulari orang lainnya.

(Baca juga: Tips Mencegah Kebiasaan Anak yang Berakibat Buruk pada Kesehatan Gigi dan Mulutnya)