Find Us On Social Media :

Makan di Malam Hari Menambah Lemak? Ah, Itu Hanya Salah Satu Mitos Soal Lemak

By Agus Surono, Rabu, 30 Agustus 2017 | 15:00 WIB

Intisari-Online.com – Sebentar lagi Idul Adha, hari ketika daging kambing dan sapi berlimpah.

Biasanya akan muncul banyak nasehat seputar kolesterol dan lemak.

Dalam diet, sepertinya lemak menjadi musuh utama. Benarkah begitu?

Mari kita simak beberapa mitos berikut.

Mitos: Makanan bebas lemak berarti bebas kalori

Fakta: Jangan terjebak dengan label bebas lemak lantas makan sesukanya. Kudapan seperti cookies, kue, dan biskuit yang berlabel bebas lemak mungkin masih mengandung banyak kalori. Bukan dari lemak tapi dari protein dan karbohidrat.

Namun, dalam beberapa makanan rendah lemak atau tanpa lemak seperti kue, biskuit lebih banyak mengandung gula dan zat tepung yang ditambahkan untuk meningkatkan rasa. Bahan-bahan ini berkalori tinggi dan menyebabkan kenaikan berat badan.

(Baca juga: Inilah Jumlah Kalori yang Terbakar Berdasarkan Jenis Aktivitas dan Posisi Seksual yang Kita Lakukan)

Mitos: Semua lemak adalah jahat 

Fakta: Tunggu dulu! Sebenarnya, lemak merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Lemak membantu penyerapan nutrisi, mentransmisi saraf, serta memproduksi energi. Namun, beberapa lemak juga dikenal sebagai lemak yang buruk bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, menyebabkan peningkatan berat badan dan penyakit jantung.

Di sisi lain, lemak baik meningkatkan kesehatan secara positif. Kuncinya adalah dengan mengganti lemak jahat dengan lemak baik dalam diet untuk tetap sehat. 

Apa itu lemak baik? Yakni lemak tunggal tak jenuh seperti kacang tanah, walnut, almond, kacang pistachios, avokad, canola, dan minyak zaitun. Dinamakan baik karena menurunkan total kadar kolesterol dan LDL (kolesterol jahat) serta meningkatkan HDL (kolesterol baik). Demikian pula lemak ganda tak jenuh seperti jagung, kedelai, minyak bunga matahari juga dapat menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol LDL. 

Sedangkan lemak jahat adalah lemak jenuh seperti daging, susu, telur, makanan laut, minyak kelapa, dan minyak sawit. Bila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan total kolesterol darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat).