Find Us On Social Media :

Mengapa Tangan dan Kaki Kita Selalu Terasa Lebih Dingin Dibanding Organ Lain? Ini Jawaban Ilmiahnya

By Moh Habib Asyhad, Senin, 28 Agustus 2017 | 18:45 WIB

Intisari-Online.com - Banyak orang secara teratur mempunyai tangan dan kaki yang selalu bersuhu dingin. Dan harap diketahui, hal ini tak sekadar soal suhu udara di sekitar kita.

Ada banyak alasan mengapa orang selalu merasa kedinginan di kaki dan tangannya. Dan tenang saja, tak perlu khawatir dengan keadaan ini.

Sebagai makhluk berdarah panas, manusia mengatur sendiri suhu tubuh mereka.

(Baca juga: Suhunya Lebih Dingin 3 Kali Lipat dari Antartika, Inilah Tempat Paling Dingin di Alam Semesta)

Jadi, jika kita terpapar suhu yang lebih dingin, tubuh akan menyempitkan pembuluh darah kecilnya yang menjaga agar bagian tengah tubuh tetap hangat sementara bagian terluar—dalam hal ini tangan dan kaki—lebih dingin.

Dan banyak dari pembuluh kecil itu berada di bagian tangan dan kaki, yang menjelaskan mengapa kita merasa perlu mengenakan sepasang kaus kaki ataupun sarung tangan.

Faktor lain adalah gender. Suhu tubuh perempuan lebih rendah pada malam hari, sementara laki-laki, yang punya lebih banyak massa otot, punya suhu tubuh lebih hangat.

Tak hanya itu, perempuan juga akan mengalami perubahan suhu tubuh selama siklus haid mereka.

Orang yang lebih tua juga cenderung punya suhu tubuh lebih dingin, sementara orang dengan kelebihan berat badan punya suhu tubuh lebih hangat karena organ mereka terlindungi—meski bagian tangan dan kaki lebih dingin.

Kurang olahraga juga menyebabkan suhu tubuh lebih dingin.

(Baca juga: Punya Badan Super Lentur, Pemuda 18 Tahun Ini Bisa Memutar Tangan dan Kakinya 360 Derajat)

Jika rasa dingin di kaki dan tangan disertai dengan gajala-gejala lain, seperti mati rasa, nyeri, dan seperti tertusuk-tusuk jarum, itu bisa menjadi tanda sindrom Raynaud.